Goodyear Caplok Produsen Ban asal Amerika Serikat Cooper

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 09 Mar 2021 18:57 WIB
Goodyear meluncurkan ban Assurance Triplemax2. Ban untuk mobil penumpang kelas menengah.
Gooadyear Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta -

Tepat 8 Maret 2021 The Goodyear Tire & Rubber Company resmi mengakuisisi Cooper Tire & Rubber Company. Keduanya telah menandatangani perjanjian transaksi definitif dengan total nilai perusahaan sekitar USD 2,5 miliar atau Rp 35,9 triliunan (kurs 1 USD = Rp 14,392).

Dalam riis yang diterima detikOto, transaksi ini akan memperluas posisi tawar produk Goodyear di pasar dengan menggabungkan dua portofolio merek komplementer. Selain itu akuisisi ini juga akan menciptakan pabrikan berbasis di Amerika Serikat yang lebih kuat dengan peningkatan saluran distribusi dan ritel, sekaligus menggabungkan kekuatan kedua perusahaan dalam segmen produk truk ringan dan SUV yang sangat menguntungkan. Perusahaan gabungan tersebut akan memiliki nilai sekitar USD 17,5 miliar dalam penjualan pro forma 2019.

"Ini adalah hari yang menggairahkan dan transformasional bagi perusahaan kami," kata CEO dan Presiden Goodyear Richard J. Kramer.

"Penambahan portofolio produk ban komplementer Cooper dengan aset manufaktur berkemampuan tinggi, ditambah dengan teknologi dan industri Goodyear memimpin distribusi, memberikan peluang perusahaan gabungan untuk meningkatkan efisiensi biaya dan penawaran yang lebih luas untuk jaringan pengecer kedua perusahaan. Kami yakin kombinasi ini akan memungkinkan kami memberikan layanan yang` semakin baik untuk pelanggan dan konsumen kami sambil memberikan nilai bagi pemegang saham," tambah Richard.

Berdasarkan ketentuan transaksi yang telah disetujui oleh Dewan Direksi kedua perusahaan, pemegang saham Cooper akan menerima $ 41,75 per saham tunai dan rasio pertukaran tetap 0,907 saham biasa Goodyear, per saham Cooper dengan nilai ekuitas total sekitar $ 2,8 miliar.

Goodyear Akuisisi CooperGoodyear Akuisisi Cooper Foto: Pool (Goodyear)

Berdasarkan harga penutupan saham Goodyear pada tanggal 19 Februari 2021, hari perdagangan terakhir sebelum pengumuman, kas tersirat dan pertimbangan saham yang akan diterima oleh pemegang saham Cooper adalah USD 54,36 per saham, mewakili premi sebesar 24% dari harga penutupan saham Cooper pada tanggal 19 Februari 2021, dan premi sebesar 36% dari harga rata-rata tertimbang volume Cooper selama 30 hari pada penutupan tanggal 19 Februari 2021. Setelah penutupan transaksi, pemegang saham Goodyear akan memiliki sekitar 84% dari gabungan perusahaan, dan pemegang saham Cooper akan memiliki sekitar 16%.

Brad Hughes, Presiden & CEO Cooper, mengatakan, "Cooper telah berubah menjadi organisasi dinamis yang digerakkan oleh konsumen dengan jalan menyeimbangkan saluran tradisional dan saluran baru untuk meningkatkan permintaan produk kami, sekaligus memperbarui dan secara efektif memanfaatkan jejak produksi global kami.

"Saya sangat bangga atas pencapaian tim kami selama 107 tahun terakhir dan saya berterima kasih kepada karyawan kami atas kontribusi dan komitmen mereka. Transaksi ini menandai dimulainya babak baru untuk Cooper, di mana kami masuk dengan kondisi yang didasari oleh kekuatan. Kami percaya bahwa hal tersebut menggambarkan kesempatan yang menarik untuk memaksimalkan nilai bagi para pemegang saham kami, yang akan menerima premi juga kesempatan untuk berpartisipasi dalam keuntungan perusahaan gabungan. Kami menantikan kesempatan untuk menggabungkan bakat-bakat Cooper dengan Goodyear dan menjadi bagian dari organisasi yang lebih besar dan lebih kuat yang akan memiliki posisi kompetitif yang baik untuk menang dalam industri ban global," ujar Brad.



Simak Video "Bukan Guyonan, Tambal Ban Online Beneran Ada Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)