Beli Mobil Bisa DP 0%, Dealer Serahkan ke Leasing

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 02 Mar 2021 19:40 WIB
Karyawan menjelaskan salah satu produk mobil kepada calon pembeli di salah satu dealer di Jakarta, Senin (15/2/2021). Pemerintah memberikan keringanan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil baru ketegori 4x2 atau sedan dengan mesin sampai dengan 1.500 cc mulai Maret 2021 dengan tiga tahap untuk meningkatkan pertumbuhan industri otomotif dengan local purchase kendaraan bermotor di atas 70 persen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Ilustrasi pembelian mobil baru (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Setelah kebijakan pemerintah soal relaksasi PPnBM yang dimulai bulan ini, Bank Indonesia juga memberikan stimulus dalam hal kredit kendaraan bermotor. Mulai Maret, pembelian secara kredit mobil maupun motor bisa mendapat DP nol persen.

Langkah tersebut dilakukan sebagai tidak lanjut untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko. Relaksasi kredit mobil/motor DP 0 persen ini berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai dengan 31 Desember 2021.

Meski kebijakan itu sudah berlaku, beberapa dealer masih belum menerapkannya pada unit mobil baru yang mereka jual.

Salah satunya terjadi pada dealer Daihatsu di Jakarta. Saat ditanya mengenai DP nol persen untuk kredit pembelian mobil, salah satu staf penjualan mengungkapkan belum menerapkan kebijakan tersebut.

"Sampai saat ini kita belum menerapkan kebijakan DP nol persen tersebut ya, karena tergantung dari kebijakan pihak leasing nanti," ujarnya saat ditanya.

Staf penjualan itu mengungkapkan, kebijakan DP nol persen tersebut justru bisa memberikan efek kepada biaya angsuran yang membengkak dan lebih besar.

"Semisal ada DP nol persen, tentu kan ini berdampak pada angsurannya nanti, bisa sampai Rp 10 juta ke atas. Tentu bagi beberapa konsumen akan sedikit kesulitan membayarnya," sambungnya.

Pernyataan serupa ditemui detikOto saat menyambangi dealer Toyota. Staf penjual di sana mengatakan jika belum ada kebijakan mengenai kredit DP nol persen bagi penjualan mobil baru.

"Untuk kebijakan DP nol persen ini belum ada ya sampai sekarang," ungkapnya.

Senada dengan staf penjualan di Daihatsu, dirinya menyatakan jika kebijakan kredit DP nol persen berjalan, hal ini dapat meningkatkan biaya angsuran dan khawatir akan memberatkan konsumen yang harus membayar tiap bulannya.

"Semisal pembayaran DP dengan nominal besar, tentu angsurannya agak kecil, tapi jika DP dengan nominal kecil tentu angsurannya menjadi besar. Apalagi kalau DP 0 persen? Tentunya semakin tinggi angsuran yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan dan bisa memberatkan mereka dalam mencicil angsuran," tutur staf penjual.



Simak Video "Jangan Lupa! PPnBM Moge Turun ke 95% Harga Moge Baru Jadi Lebih Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)