Contra Flow Hilang, Jalur Darurat Tol Cipali Mulai Digunakan Pagi Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 20 Feb 2021 12:23 WIB
Progress pembangunan jalan sementara di tol Cipali
Jalan Darurat Tol Cipali Foto: ASTRA Tol Cipali
Jakarta -

Jalan darurat di tol Cipali akhirnya bisa digunakan pagi ini (20/2/2021). Sistem rekayasa contra flow pun diakhiri. Sebelumnya jalur darurat ini rencananya mulai dioperasikan semalam (19/2/2021), tapi ditunda karena kondisi cuaca tidak memungkinkan.

"Hari ini Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 08.30 WIB mulai dibuka jalur detour dari arah Cirebon menuju Jakarta untuk normalisasi lalu lintas di KM 122 sehingga tidak ada lagi contra flow. Kondisi hujan yang terus mengguyur ruas tol Cipali sejak kemarin hingga dini hari, sehingga tidak memungkinkan untuk dibuka sesuai rencana Jumat, 19 Februari 2021. Demikian kami sampaikan update info pagi ini. Terima kasih," tulis keterangan resmi ASTRA Tol Cipali.

Sebagai informasi, jalur pengganti atau detour di median jalan ini dibangun sepanjang 400 meter di KM 122. Jalan darurat ini dibangun sehubungan dengan perbaikan tol Cipali yang amblas.

"Dengan beroperasinya jalur pengganti ini maka secara resmi menutup contra flow sepanjang 1 Km sehingga tidak ada lagi penyempitan baik itu arah Cirebon atau arah Jakarta," jelas Agung Prasetyo Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, dalam keterangan resminya.

Jaur darurat di tol Cipali mulai bisa digunakan pada Jumat (19/2) malamJaur darurat di tol Cipali mulai bisa digunakan pada Jumat (19/2) malam Foto: ASTRA Tol Cipali

ASTRA Tol Cipali bersinergi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan wilayah setempat dalam penanganan arus lalu lintas dengan pengaturan dan pemasangan MCB atau pembatas jalan yang memisahkan jalur arah Jakarta dengan Jalur arah Cirebon. Jalur pengganti di median ini terdiri dari 2 lajur yang dapat dilalui dengan lancar, aman dan nyaman oleh pengguna jalan.

Proses selanjutnya setelah jalur pengganti di median KM 122 beroperasi dan lalu lintas normal, maka mulai dilakukan pekerjaan konstruksi selama kurang lebih 1.5 bulan untuk keretakan di KM 122 dengan mulai tahapan, sebagai berikut:

1. Pengeboran struktur shoulderpile sebagai penahan longsoran
2. Pengurugan area keretakan dengan selected material hingga top badan jalan
3. Perkerasan badan jalan
4. Pemasangan sistem drainase / saluran pengairan
5. Pemasangan aksesoris jalan seperti guardrail dan deliniator

Diimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berkendara dengan hati-hati di tengah kondisi cuaca penghujan saat ini. Selalu gunakan sabuk keselamatan dan berkendara dengan batas maksimal kecepatan 70 km/jam disaat kondisi hujan. Selalu perhatikan juga kondisi fisik dan kendaraan Anda khususnya tekanan ban. Apabila lelah segera beristirahat di 8 rest area yang ada di sepanjang Ruas Tol Cipali.



Simak Video "Perbaikan Tol Cipali yang Ambles Sudah Rampung, Ini Penampakannya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)