Pakai Mobil Listrik, Perempuan Ini Girang Bisa Hemat Rp 96 Juta dalam 3 Tahun

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 16 Feb 2021 06:58 WIB
Permintaan mobil listrik diperkirakan akan meningkat begitu juga di Indonesia, yuk intip foto-foto pembuatan mobil listrik di beberapa negara.
Ilustrasi mobil listrik yang jauh lebih hemat dibanding mobil konvensional (BBM) (Getty Images/Jens Schlueter)
Jakarta -

Elinor Chalmers girang bukan main saat tahu ada stasiun pengisian daya listrik untuk mobil listrik yang ternyata tanpa bayar alias gratis. Dalam tiga tahun, dia sudah irit nyaris Rp 100 juta.

Tinggal di sebuah apartemen di Kota Dundee, Skotlandia, Elinor Chalmers tak pernah mengisi daya mobil listriknya di rumah. Padahal pemerintah setempat sudah memberikan potongan harga listrik buat pengguna mobil ramah lingkungan yang memasang instalasi pengecasan mobil listrik di kediamannya.

Kondisi itu membuat Elinor Chalmers harus mengecas Nissan Leaf-nya di stasiun pengisian daya umum (di Indonesia dikenal dengan SPKLU alias Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). Elinor Chalmers tak tahu kalau stasiun pengisian daya mobil listrik itu ternyata gratis.

"Itu kejutan yang menyenangkan. Mayoritas stasiun pengisian daya di Skotlandia gratis. Dan saya pikir dalam tiga tahun pertama saya bisa menghemat 5.000 poundsterling (sekitar Rp 96 juta) setara dengan jumlah yang saya keluarkan kalau membeli solar," kata Elinor Chalmers dikutip dari BBC.

Saat ini stasiun pengisian daya di dekat tempat tinggal Elinor udah tak lagi gratis. Namun di banyak lokasi lain masih banyak yang belum memungut biaya.

Mobil Listrik Toyota Proace Verso ElectricIlustrasi pengisian daya mobil listrik Foto: Dok. Toyota

Zap Map, sebuah website yang berisi daftar stasiun pengisian daya mobil listrik, mengungkapkan satu dari lima stasiun pengisian daya mobil listrik di Inggris Raya masih gratis. Angka tersebut setara dengan 4.928 stasiun pengisian daya dari total 21.267 stasiun pengisian daya yang ada.

"Ada ribuan titik penecasan yang bisa digunakan dengan gratis di supermarket. Ada ribuah lokasi pengecasan lain di pusat atraksi seperti kebun binatang, tempat parkir pusat perbelanjaan, taman-taman, dan beragam lokasi lainnya," terang co-founder Zap Map, Melanie Shufflebotham.

Stasiun pengisian daya mobil listrik gratis ini jadi keuntungan besar buat pemakai mobil listrik di Inggris. Pengguna mobil listrik dari Southampton, Roger Munford, juga menceritakan betapa dia bisa irit puluhan juta rupiah saat melakukan perjalanan darat dari rumahnya ke Polandia.

Tak main-main. Pulang-pergi Southamton-Polandia dia cuma habis 19 poundsterling. Itu setara dengan Rp 368.000. Padahal jarak perjalanan darat dari Southampton ke Polandia mencapai 1.612 km

Zap Map juga mengungkapkan, mayoritas stasiun pengisian daya yang gratis di Inggris bertipe 'fast charger' dengan daya 7kw. Dengan daya itu, rata-rata sebuah mobil listrik bisa menempuh jarak 48 km dengan 30 menit pengisian daya. Selain itu, ada 442 stasiun pengisian daya dengan status 'rapid charger'. Di mana dengan satu jam pengisian daya bisa menempuh perjalanan 241 km.



Simak Video "Harga Rp 600 Jutaan, Ini Tiga Mobil Listrik Termurah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)