Bamsoet Pakai Mobil Listrik Sebulan Habis Rp 15 Ribu, Wagub Jabar: Kemahalan

Yudha Maulana - detikOto
Sabtu, 13 Feb 2021 19:52 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Pakai Mobil Listrik Hyundai Ioniq
Mobil listrik HyundaiIoniq yang dikendarai Uu Ruzhanul Ulum (Dok. Humas Pemprov Jabar)
Jakarta -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengomentari pernyataan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo soal biaya menggunakan mobil listrik. Menurutnya, biaya Rp 15 ribu per bulan untuk menggunakan mobil listrik masih terlalu mahal.

"Pa @bambang.soesatyo kemahalan itu ngeluarin Rp 15 ribu sebulan, saya malah ga ngeluarin sepersenpun..," tulis Uu dalam Instagram resminya, @ruhzanul seperti dilihat detikcom Sabtu (13/2/2021).

Seperti Bambang Soesatyo, Uu belakangan menggunakan mobil listrik. Yang dia pakai adalah Hyundai IONIQ Electric, sejak tahun lalu, berbarengan dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga menggunakan mobil pabrikan Korea Selatan tersebut sebagai kendaraan dinas.

Sebelumnya, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menceritakan pengalamannya saat menggunakan mobil listrik Tesla. Menurut Bamsoet, selama 4 tahun pakai Tesla, per bulan ia hanya keluar uang Rp 15 ribu untuk biaya pengisian daya listrik.

[Gambas:Instagram]



"Mobil listrik itu murah. 4 tahun saya pegang Tesla, itu seminggu cuma sekali ngecas, sebulan tagihan listriknya cuma Rp 15 ribuan. Misal sekarang bilang ke PLN kalau kita punya mobil listrik-motor listrik, malah bisa dikasih diskon 30%," kata Bamsoet, saat berbincang dengan detikOto, di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, belum lama ini.

Bamsoet diketahui memiliki dua unit mobil listrik Tesla, yakni Model X dan Model S. Dia mengatakan lebih memilih mobil listrik buatan AS ini untuk menemani aktivitasnya sehari-hari.

"Jarak tempuh Tesla saya bisa sampai 400 km. Dan sering dipakai buat ke kantor, anak-anak ke sekolah. Ngecasnya cuma setiap hari minggu. Malam colok, pagi penuh, langsung saya pakai," sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum IMI Pusat itu.

Tak hanya murah soal biaya pengeluaran 'bahan bakar', menurut Bamsoet mobil listrik juga minim perawatan. "Empat tahun saya pegang mobil listrik, gak pernah ke bengkel. Paling nanti kalau ada pemeriksaan, cek kampas rem, cek minyak rem, sama AC, selebihnya nggak ada," kata Bamsoet.

Dan menariknya lagi, kendaraan listrik juga mendapatkan beberapa insentif non fiskal yang bakal memudahkan para penggunanya. "Seperti parkir gratis, ganjil-genap bebas. Jadi ini memang pemerintah juga punya keinginan kuat untuk mendorong beralihnya itu (kendaraan bensin ke kendaraan listrik)," ujarnya lagi.



Simak Video "Proyek Mangkrak Hingga Analogi Poco-poco di Balik Usulan Amandemen"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/din)