Hasil Sidang Lanjutan DFSK Vs Konsumennya

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 11 Feb 2021 13:49 WIB
Menguji DFSK Glory 580 1.5 Turbo CVT, Benarkah Tidak Bisa Menanjak?
Hasil sidang lanjutan DFSK vs Konsumen. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto
Jakarta -

Persidangan kasus DFSK dengan konsumennya berlanjut lagi pada Rabu (10/2/2021) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang kali ini masih membahas kelengkapan berkas karena di sidang pertama kedua belah pihak belum memenuhi berkas-berkas yang diperlukan untuk melanjutkan proses hukum.

Saat dikonfirmasi, sidang kelengkapan berkas dikatakan sudah selesai. Artinya proses hukum bisa berlanjut ke tahap selanjutnya, yaitu mediasi.

"Oia, sidangnya kemarin, para pihak sudah melengkapi legal standing, jadi persidangan akan dilanjutkan ke tahap mediasi," jawab Kuasa Hukum DFSK, Heribertus S. Hartojo kedapa detikcom melalui pesan singkat, Kamis (11/2/2021).

Tim kuasa dari konsumen pun juga mengatakan hal yang sama. "Sudah kemarin sidangnya," kata Kuasa Penggugat, Winner Pasaribu melalui pesan singkat, Kamis (11/2/2021).

Proses mediasi akan dilakukan 2 minggu lagi atau tepatnya tanggal 17 Februari 2021. "Mediasinya dua minggu lagi, tanggal 17 Februari," sambung Heri.

Mediasi adalah penyelesasian konflik antara kedua pihak dengan ditengahi pihak ketiga yang netral. Konsumen akan berhadapan langsung dengan direksi dari DFSK dan mencari solusi dari permasalahan ini. Apabila masalah tidak selesai di tahap mediasi ini maka akan dilanjutkan kembali ke meja hijau.

Sampai saat ini kedua belah pihak masih memegang peguh pendiriannya. DFSK mengklaim semua tudingan yang dilayangkan tidak benar. Begitu juga dengan penggugat yang merasa sudah dirugikan tak ingin mundur dari proses hukum.

DFSK juga melalui keterangan tertulis menegaskan bahwa produk yang mereka tawarkan sudah teruji. PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, mengatakan, DFSK Glory 580 yang dikeluhkan tidak bisa menanjak telah melalui serangkaian uji coba dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Hal itu membuat DFSK Glory 580 menjadi kendaraan yang layak untuk dipasarkan di Indonesia. Itu juga dibuktikan melalui lolos uji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) dan menerima Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari pemerintah.

"Konsumen tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ditawarkan oleh kendaraan-kendaraan DFSK di Indonesia, karena seluruh kendaraan dibuat di pabrik DFSK berbasis teknologi 4.0 di Cikande, dan sudah melalui pengecekan kualitas sebelum dikirim ke konsumen, dan semua kendaraan penumpang yang ditawarkan dilengkapi dengan Super Warranty 7 Tahun/150.000 KM. Garansi kendaraan ini menjadi bukti keseriusan kami dalam menghadirkan kendaraan yang berkualitas, andal, dan bisa dipercaya untuk berbagai kebutuhan konsumen di Indonesia," ujar Rofiqi dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom.



Simak Video "Mobil China DFSK I-Glory Auto: Harga Manusiawi, Fitur Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)