Spesifikasi Mobil Mewah Rp 1,7 Miliar Jaksa Pinangki yang Dirampas Negara

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 09 Feb 2021 06:23 WIB
Mobil BMW Jaksa Pinangki
Mobil BMW X5 Jaksa Pinangki yang disita negara.Foto: Tiara Aliya (detikcom)
Jakarta -

Mobil mewah seharga Rp 1,7 miliar milik mantan Jaksa Pinangki Sirna Malasari disita negara sehubungan dengan kasus suap Djoko Tjandra. Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta juga menjatuhkan vonis 10 tahun dan denda Rp 600 juta subsider 6 bulan kurungan ke Pinangki.

"Barang bukti nomor 29.1 berupa 1 unit mobil BMW X5 warna biru tua dengan nopol F 214 milik Pinangki Sirna Malasari beserta kunci warna hitam dengan lambang BMW. Barang bukti nomor 30 berupa 1 buah asli BPKB, nomor 31 berupa STNK untuk kendaraan BWM nomor polisi F 214 atas nama Pinangki Sirna Malasari tahun pembuatan 2020, dirampas untuk negara," tegas hakim ketua Ignasius Eko Purwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (8/2/2021).

Seperti apa spesifikasi mobil mewah mantan Jaksa Pinangki yang disita negara? Untuk diketahui, Pinangki melakukan pembelian mobil BMW X5 senilai Rp 1,753 miliar. Mobil itu dibeli dari hasil korupsi dan dibayarkan secara tunai namun dilakukan beberapa tahap.

Jaksa Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang lanjutan di PN Tipikor Jakarta, Rabu (21/10/2020). Pinangki tampak berbusana muslim syar'i.Jaksa Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang lanjutan di PN Tipikor Jakarta, Rabu (21/10/2020). Pinangki tampak berbusana muslim syar'i. Foto: Ari Saputra

Di Indonesia, BMW hanya menjual BMW X5 xDrive40i xLine. Secara spesifikasi, BMW X5 seperti milik jaksa Pinangki ditenagai mesin bensin 6-silinder 3.0-liter BMW TwinPower Turbo dengan Valvetronic, Double VANOS, High Precision Injection. Mesin itu dikawinkan dengan Transmisi Otomatis Steptronic 8-Percepatan.

Tenaga mesin tersebut mencapai 340 PS pada 5.500 rpm sampai 6.500 rpm. Sedang torsi maksimalnya mencapai 450 Nm pada 1.500 rpm sampai 5.200 rpm.

Dengan bekal tersebut, BMW X5 bisa berlari hingga kecepatan 243 km/jam. Akselerasi dari posisi diam sampai 100 km/jam ditempuh dalam 5,5 detik. BMW mengklaim BMW X5 mencatat konsumsi bahan bakar 9,2 liter per 100 km.

Tampilan mewah pada BMW X5 hadir dari bagian eksteriornya. BMW X5 ini memiliki grille depan lebih membesar. Mobil ini sudah menggunakan lampu laser. Lampu laser ini dilengkapi juga dengan Selective Beam untuk mengoptimalkan fungsi high beam. BMW mengklaim lampu BMW X5 bisa menyinari sampai 500 meter ke depan.

Di bagian interiornya pun tak kalah mewah. Lapisan kulit yang lembut dan mewah menghiasi bagian interior mobil mulai dari dasbor, trim, sampai setir.

Control display dan cluster instrumen sudah digital dengan ukuran 12,3 inci yang sepenuhnya digital dan menjalankan BMW Operating System 7.0.

Kemewahan BMW X5 seperti milik Pinangki juga terpancar dengan hadirnya atap Panorama Glass Roof Sky Lounge. Dengan panoramic roof tersebut, akan tercipta suasana kabin yang lapang.

Untuk mengakses mobil ini, BMW sudah melengkapi BMW X5 dengan kunci remote canggih. Lewat informasi di kunci mobil, kita bisa mengetahui apakah mobil sudah terkunci atau belum, berapa jauh sisa perjalanan dengan BBM yang tersisa di tangki, menyalakan air conditioner, sampai mengatur ketinggian kaki-kaki mobil.



Simak Video "Jaksa Pinangki Dipecat Kejagung, Ini Dasar Hukumnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)