Di Balik Layar Penerapan Ganjil-Genap Bogor Saat Akhir Pekan

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 06 Feb 2021 19:11 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan sambutan sebelum proses vaksinasi dilakukan di Kota Bogor.
Ilustrasi BIma Arya Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Bogor Jawa Barat menerapkan ganjil-genap pada 6-7 Februari 2021 dan 12-14 Februari 2021. Namun di balik berlakunya ganjil-genap rupanya masih menyisakan cerita menarik untuk disimak.

Pertama, ada proses pengambilan gambar Wali Kota Bogor Bima Arya untuk bisa mengumumkan ganjil-genap di Bogor. Bagaimana ceritanya?

Seperti terekam dalam video yang beredar dalam pesan elektrik, terlihat seorang kameramen mati-matian untuk bisa melakukan pengambilan gambar saat mengumumkan ganjil genap yang diberlakukan di Bogor Jawa Barat.

Dalam video yang beredar tersebut terlihat team Wali Kota Bogor Bima Arya menggunakan kendaraan dinas pemerintah Nissan Navara berpelat F 8857 A. Terlihat seorang kameramen duduk secara terlungkup di atas kap dengan kaki menjulur di bagian tengah kaca.

Suasana jalanan Jakarta-Bogor pagi hari ini, hari pertama cuti bersama, terasa ramai lancar. Tiada kemacetan di sepanjang Tol Dalam Kota-Jagorawi.Ilustrasi suasana jalanan Jakarta-Bogor pagi hari ini. Foto: Rifkianto Nugroho

Untuk keamanan si kameramen tiga orang petugas memegangi kameramen agar tidak terjatuh. Hasilnya bisa dilihat yang sudah banyak beredar di media sosial Wali Kota Bogor Bima Arya bisa mengumumkan kepada seluruh warga Bogor, Jakarta dan sekitarnya bahwa Bogor menerapkan ganjil-genap di pada weekend Minggu ini dan Minggu depan.

Tepat hari ini Bogor mulai menerapkan Ganjil-Genap dalam pemberitaan detik.com, Pemberlakuan ganjil-genap itu dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hari ini. Kapolres Bogor Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, dalam waktu 1 jam, polisi berhasil memutar balik kurang-lebih 100 kendaraan di Pintu Tol Bogor.

"Pintu Tol Bogor baru 1 jam sudah 100-an kendaraan," kata Susatyo.

Menurut Susatyo, dalam waktu 3 jam, polisi sudah menindak sekitar 1.000 kendaraan di enam titik sekat. "Tiga jam pelaksanaan di enam titik sekat sudah 1.000-an," ujarnya.

Aturan ganjil-genap ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, termasuk roda dua dan roda empat. Terkecuali kendaraan tertentu yang menyangkut produktivitas, seperti ojek online (ojol).

"Tapi, kalau tidak ada tujuannya, ya itu. Termasuk yang kerja juga boleh, buruh, tenaga kesehatan, tapi ya kalau nggak ada tujuannya, kita putar balik (pelanggar)," katanya.

Sebagai informasi, aturan ganjil-genap di Kota Bogor berlaku sejak hari ini. Aturan ganjil-genap Bogor akan diberlakukan pada hari Jumat, Sabtu, Minggu, ini berlaku selama 14 hari.

Hal ini untuk menekan laju penyebaran COVID-19. Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut salah satu penyebab terjadinya lonjakan kasus positif di Kota Bogor adalah mobilitas warga yang semakin tidak terkendali.

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Ganjil Genap Bogor: 1 jam, 100 Mobil Putar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)