Wow! Joe Biden Bakal Ganti 645 Ribu Mobil Dinas dengan Tenaga Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 26 Jan 2021 14:43 WIB
Presiden AS Joe Biden dan istri
Joe Biden Foto: Instagram @drbiden
Jakarta -

Kurang dari seminggu didapuk sebagai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mempertegas komitmennya soal mobil listrik. Ia bakal mengganti kendaraan dinas pemerintahan menjadi mobil lebih ramah lingkungan.

"Pemerintah Federal saat ini memiliki armada kendaraan yang besar, kami akan menggantinya dengan mobil listrik buatan Amerika, oleh tenaga kerja Amerika," tutur Joe Biden seperti dikutip Elektrec, Selasa (26/1/2021).

Komitmen ini merupakan langkah besar. Sebab mobil dinas di pemerintah Amerika Serikat bukan angka yang kecil.

Lebih spesifik, sebanyak 272.000 truk pikap, 102.000 kendaraan truk ringan, 39.000 truk berat, 224.000 mobil penumpang dan 8.000 kendaraan umum seperti bus dan ambulans.Dalam data General Service Administration (GSA) saat ini armada mobil dinas pemerintah Amerika Serikat mencapai 645.000 kendaraan. Angka tersebut termasuk kendaraan militer, kendaraan perusahaan pos dan sebagainya.

GSA mencatat pada 2019 mobil dinas pemerintah AS sudah dikendarai 4,5 miliar mil, dengan mengkonsumsi 375 juta galon bahan bakar bensin dan solar. Sementara itu, pemerintah AS menghabiskan $ 4,4 miliar untuk biaya kendaraan dinas pada 2019.

Meski demikian, Biden tidak mengungkap kapan rencana itu akan dimulai. Pihak Gedung Putih pun tidak menjawab.

"Ini akan jadi mobilisasi dan investasi publik terbesar kedua setelah Perang Dunia kedua," tambahnya.

Selama masa kampanye, Biden menjanjikan sebesar $ 400 miliar investasi publik dalam energi terbarukan, termasuk teknologi baterai dan kendaraan listrik. Termasuk dengan pembangunan 500.000 outlet pengisian kendaraan listrik baru pada akhir tahun 2030.

Komitmen Biden itu diharapkan akan memacu adopsi kendaraan listrik yang lebih besar. Biden mengatakan dia ingin membuat program "cash for clunkers" yang akan mendorong orang Amerika untuk menukar kendaraan lama mereka dengan kendaraan listrik baru. Mobil dinas pemerintahannya pun dijanjikan akan menggunakan kendaraan listrik.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)