Biaya dan Lokasi Uji Emisi Mobil Honda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 22 Jan 2021 13:17 WIB
Petugas melakukan uji emisi kendaraan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kawasan Kramat Jati, Jakarta, Selasa (3/11/2020). Uji emisi yang diberlakukan secara gratis itu akan rutin digelar setiap Selasa dan Kamis.
uji emisi gas buang Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Mulai bulan ini kendaraan di Jakarta wajib melakukan dan lulus uji emisi. Kendaraan yang berusia di atas tiga tahun harus lulus uji emisi jika tidak ingin dikenakan sanksi.

Uji emisi ini bisa dilakukan di beberapa lokasi. Bengkel resmi agen pemegang merek (APM) pun menyediakan fasilitas uji emisi. Honda menyiapkan 23 dealer resmi di DKI Jakarta untuk melakukan uji emisi.

Honda memberikan fasilitas uji emisi secara gratis bagi konsumen yang melakukan perawatan berkala. Bagi konsumen yang hanya melakukan uji emisi tanpa melakukan perawatan berkala di dealer resmi Honda, terdapat 2 skema biaya uji emisi dengan ketentuan dan syarat berlaku. Adapun dua skema biaya uji emisi di bengkel resmi Honda antara lain:

- Biaya uji emisi Rp 50.000 (bagi pemilik mobil Honda yang memiliki riwayat perawatan berkala dalam periode 1 tahun terakhir di dealer resmi Honda yang berbeda dengan dealer di mana akan dilakukan uji emisi).

- Biaya uji emisi Rp 150.000 (bagi pemilik mobil Honda yang tidak memiliki riwayat perawatan berkala di dealer resmi Honda mana pun dalam periode 1 tahun terakhir).

Petugas melakukan uji emisi kendaraan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kawasan Kramat Jati, Jakarta, Selasa (3/11/2020). Uji emisi yang diberlakukan secara gratis itu akan rutin digelar setiap Selasa dan Kamis.Petugas melakukan uji emisi kendaraan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kawasan Kramat Jati, Jakarta, Selasa (3/11/2020). Uji emisi yang diberlakukan secara gratis itu akan rutin digelar setiap Selasa dan Kamis. Foto: Agung Pambudhy

Seluruh dealer resmi Honda yang menyediakan fasilitas uji emisi menggunakan alat uji emisi yang telah memiliki sertifikat kalibrasi dan dilakukan oleh teknisi terlatih. Bagi konsumen yang akan melakukan uji emisi, konsumen dapat menggunakan fitur booking pada aplikasi Honda e-Care untuk mendaftarkan kendaraannya tanpa antri di dealer resmi Honda.

"Dengan tersedianya fasilitas uji emisi di dealer resmi Honda, kami berharap semua pelanggan Honda mendapat kemudahan untuk melakukan uji emisi secara berkala sehingga mobil Honda yang digunakan selalu menghasilkan gas buang yang ramah lingkungan," kata Denny M Tamira, Service Assistant General Manager PT Honda Prospect Motor dalam keterangan tertulis.

Adapun untuk lokasi bengkel resmi Honda yang bisa melakukan uji emisi antara lain sebagai berikut:

Jakarta Utara

1. Honda Autoland Kelapa Gading
2. Honda Maju Motor Danau Sunter
3. Honda Sunter
4. Honda Pluit

Jakarta Timur

1. Honda Arista Jatinegara
2. Honda Surya Jaya Cijantung
3. Honda Megatama Kalimalang Duren Sawit

Jakarta Pusat

1. Honda Jakarta Center Mangga Dua
2. Honda IKM Hasyim Ashari Petojo Utara
3. Honda Cakra Pengukir Salemba Raya

Jakarta Barat

1. Honda Kebon Jeruk
2. Honda IKM Daan Mogot
3. Honda Mugen Puri Kembangan
4. Honda Megatama Kapuk, Cengkareng

Jakarta Selatan
1. Honda Nusantara MT Haryono
2. Honda Tebet
3. Honda Tendean
4. Honda Pondok Pinang
5. Honda Permata Hijau
6. Honda Fatmawati
7. Honda Pondok Indah
8. Honda Mugen Kalibata
9. Honda Mitra Lenteng Agung.



Simak Video " Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)