Terpopuler Kemarin

Ferrari Ringsek di Tangan Tukang Cuci Mobil

M Luthfi Andika, Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 15 Jan 2021 07:35 WIB
Ferrari 812 Superfast milik pesepakbola Italia, Federico ringsek
Sebuah mobil Ferrari milik salah seorang pemain sepakbola Italia, Federico Marchetti ringsek. Foto: Twitter @alex_piace.
Prabowo Serahkan Maung Buatan Pindad ke KASADPrabowo Serahkan Maung Buatan Pindad ke KASAD Foto: Dok. Pindad

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mulai menyerahkan mobil taktis made in Bandung karya PT Pindad, Maung, kepada TNI Angkatan Darat (AD). Prabowo menyerahkan Maung buatan Pindad kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

ercatat 40 kendaraan taktis Maung telah diserahkan untuk bisa ikut bela negara. Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto secara simbolis menyerahkan 40 unit Kendaraan ringan taktis Maung buatan PT Pindad (Persero) kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan pada Rabu, 13 Januari 2021 di Kemhan, Jakarta.

Sebagai catatan total pesanan Maung tahap 1 dari Kemhan sebanyak 500 unit yang akan diselesaikan secara bertahap.

"Terimakasih atas kepercayaan Kemhan terhadap Pindad, Kami bangga pada hari ini dilakukan acara penyerahan simbolis Maung dari Menteri Pertahanan kepada KASAD untuk mendukung tugas pokok TNI," ujar Direktur Utama Abraham Mose.

PT Pindad (Persero) resmi memperkenalkan Kendraan Taktis (Rantis) Maung ke publik. Nah, seberapa gahar sih di medan ekstrem?PT Pindad (Persero) resmi memperkenalkan Kendraan Taktis (Rantis) Maung ke publik. Nah, seberapa gahar sih di medan ekstrem? Foto: Agung Pambudhy

Maung buatan Pindad ini didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. Pun dirancang untuk memiliki kemampuan modular untuk difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

Tampilan tangguh terlihat dengan 4 lampu kotak yang dilapisi dengan tralis, motor winch (tali untuk menarik kendaraan) hingga 4,5 ton, Hi Lift jack, membuat Rantis Maung terlihat siap melahap semua medan.

Sedangkan pada tampak samping sangat terlihat Rantis Maung siap melahap segala medan, di mana langsung terlihat kaki-kaki yang dirancang sangat kuat. Berkat pemasangan suspensi depan independent, Coilover shock, dan long arm. Pada bagian suspensi belakang, Maung menggunakan Rigid, Coilover shock, dan four link arm.

Begitu pula dengan tampilan belakang yang terlihat tangguh dengan menggendong ban besar. "Untuk prototipe ini memang kita rancang seperti ini, tapi nanti akan ada beberapa varian artinya kendaraan awal seperti ini bisa diubah menjadi kendaraan taktis, yang bisa diselipkan senjata karena kami menyediakan braket senjata 7,62 mm dan kami juga menyediakan konsol senapan Serbu SS2-V4," ucap VP Inovasi PT Pindad , Windhu Paramarta kepada detikOto waktu itu.

Untuk bagian interior prototipe Rantis Maung memang tidak terlihat mewah seperti mobil seharga Rp 600 jutaan yang ada di pasaran. Tapi jangan salah detikers, mobil prototipe ini memang sengaja didesain demikian karena memang untuk keperluan militer.



Simak Video "Supercar Buat Harian"
[Gambas:Video 20detik]

(rgr/din)