Lampu Halogen vs LED, Mana yang Lebih Baik?

Rizki Pratama - detikOto
Rabu, 06 Jan 2021 06:38 WIB
Kewajiban Menyalakan Lampu Motor Siang Hari
Beda lampu LED dan lampu halogen. Foto: detik
Jakarta -

Penerangan adalah salah satu bagian penting dalam berkendara khususnya saat malam atau cuaca kurang cerah. Jenis lampu penerangan untuk kendaraan pun kini ada dua yang umum digunanak, LED atau halogen.

Walaupun saat ini kebanyakan motor atau mobil baru sudah menggunakan LED apakah berarti halogen lebih buruk dari LED? Dua jenis lampu ini sebenarnya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mana yang lebih tepat untuk anda? Berikut paparannya menurut Suzuki.

LED

Lampu LED adalah singkatan dari Light Emitting Diodes. Lampu ini menggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan cahaya dan menggunakan perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan sehingga cahayanya sangat terang dan tahan lama.

Selain itu, kelebihan LED tidak menghasilkan panas sehingga tidak merusak lampu dan lebih hemat energi. Teknologi lampu LED sebenarnya tidak hanya pada kendaraan bermotor saja, masyarakat sudah banyak menggunakannya untuk senter dan lampu ruangan di rumah.

Sumber cahaya biasanya berbentuk elemen kotak pada lampu senter karena sangat hemat dan tidak panas maka lampu untuk motor jenis ini tidak mudah putus.

Lampu LED juga digunakan untuk penerangan pada alat elektronik lain. Katakanlah seperti panel kontrol pada mobil, komputer, system audio, atau kabin bagian dalam mobil.

Kelebihan LED:

1. Cahaya putih memberi kesan terang
2. Tidak panas dan tahan lama
3. Sorotan lampu dapat divariasikan
4. Lebih hemat penggunaan listriknya

Kekurangan LED:

1. Mahal
2. Belum banyak tersedia di pasar
3. Rusak harus ganti satu set
4. Menyilaukan mata pengendara lain
5. Tidak mampu tembus kabut
6. Pemasangan rumit

Halogen

Lampu Halogen merupakan lampu pijar biasa yang kerap dipakai sebelum lampu LED banyak digunakan sekarang. Lampu ini berisi filamen tungsten yang dibungkus oleh semacam kaca dan diberi gas nitrogen, argon atau crypton.

Listrik yang masuk ke dalam bohlam ini akan membuat filamen wolfram menjadi panas sehingga menimbulkan cahaya atau sinar. Sinar tersebut kemudian lebih diperkuat lagi oleh gas yang terdapat di dalam bola lampu tersebut.

Kelebihan Halogen:

1. Intensitas cahaya lebih kuat
2. Murah
3. Sorot lampu lebih kuat dari LED
4. Mudah dipasang.
5. Dapat tembus kabut

Kekurangan Halogen:

1. Mudah panas
2. Suhu panas tinggi
3. Boros dan cepat menguras aki



Simak Video "Kenapa Lampu Rem Harus Berwarna Merah dan Lampu Sein Kuning?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)