Honda Temukan Alat Pembasmi Virus di Kabin Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 04 Jan 2021 12:48 WIB
Honda temukan alat pembasmi virus untuk kabin mobil.
Filter udara pembasmi virus ditemukan oleh Honda. Foto: Honda
Jakarta -

Banyak kebiasaan baru serta inovasi yang lahir di tengah pandemi virus Corona ini. Dalam dunia otomotif, Honda telah menemukan inovasi baru yang akan menunjang kebiasaan baru manusia.

Honda Jepang telah meluncurkan Kurumaku. Itu adalah nama produk filter udara kabin dari Honda. Alat ini dipasang di atas filter udara kabin yang berfungsi untuk mencegah penyebaran virus.

Jadi, bagaimana cara kerja Kurumaku? Honda mengatakan bahwa produk tersebut menangkap virus dengan permukaan khusus dan menghancurkannya. Teknologi ini menggunakan konversi kimiawi zinc phosphate yang juga digunakan untuk mencegah karat pada kendaraan.

Filter ini berbeda dengan filter CN95 yang diluncurkan oleh merek mobil lain seperti Geely untuk mencegah masuknya virus dan partikel lain yang lebih besar dari 0,3 mikron. Kurumaku bekerja untuk menghancurkan virus yang ada di dalam kabin.

Honda percaya bahwa Kurumaku dapat menghilangkan 99,8 persen virus yang mengambang di dalam mobil dalam waktu 15 menit setelah mengaktifkan resirkulasi udara kabin. Virus pada permukaan, sebaliknya, dapat dibersihkan dalam waktu 24 jam.

Sebagai catatan, Kurumaku adalah aksesori habis pakai yang perlu diganti setiap tahun atau setiap 15.000 kilometer (9.321 mil). Kurumaku pertama kali tersedia untuk mobil Honda N-Box Kei di Jepang sebagai aksesori asli dengan harga USD 62 atau sekitar Rp 870 ribu.

Produk ini akan diperluas ke model-model Honda lainnya seiring berjalan waktu dan diperluas pula ke negara lain. Tidak disebutkan apakah alat ini dapat diaplikasikan ke mobil lain atau tidak.



Simak Video " Menjajal New Honda City Hatchback RS, Pengganti Jazz di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)