Tol Cipali Ramai Lancar di Hari Terakhir Libur Natal

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 27 Des 2020 18:10 WIB
Tol Cipali ramai lancar di hari terakhir libur natal
Tol Cipali ramai lancar di hari terakhir libur natal. Foto: ASTRA Tol Cipali
Jakarta -

Pantauan arus lalu lintas kendaraan di ruas tol Cipali terpantau ramai lancar di hari terakhir libur natal (27/12). Seperti tertulis dalam keterangan resmi ASTRA Tol Cipali, total kendaraan yang melintas di ruas tol Cipali sebanyak 18.866 kendaraan pada shift 1, rinciannya 10.503 kendaraan masuk dan 8.363 kendaraan keluar.

Sementara jika melihat hari sebelumnya, total lalin yang melewati Gerbang Tol Palimanan pada hari Sabtu, 26/12 sebanyak 48.993 kendaraan (shift 1-shift 3), sedangkan total yang melintas di ruas tol Cipali sebesar 66.078 kendaraan (shift 1-shift 3).

Pada masa libur Nataru tahun ini, ASTRA Tol Cipali turut mendukung program operasi lilin Polda Jabar. Salah satunya melalui pemeriksaan rapid antigen secara random kepada para pengunjung di 4 rest area Tol Cipali, KM 86, KM 102 dan KM 101 arah Jakarta dan Palimanan. Kegiatan ini dilakukan mulai dari tanggal 24-27, 30-31 Desember 2020.

Untuk mengantisipasi volume kendaraan yang melintas pada libur Nataru 2020, ASTRA Tol Cipali memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Tol Palimanan dengan membuka 30 gardu tol otomatis (GTO) dan 15 mobile reader. Dalam menghadapi libur Nataru tahun ini, dipastikan kondisi jalur dan marka jalan
Ruas Tol Cikopo-Palimanan dalam kondisi baik.

Selain itu, disiapkan juga manajemen lalu lintas situasional berkoordinasi dengan Kepolisian melalui beberapa mekanisme berikut ini :

1. Pemasangan MWB (Median Water Barrier) dan Rubber Cone di lokasi depan Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) atau Rest Area bertujuan untuk mencegah kendaraan pengguna jalan parkir di bahu jalan sepanjang TIP yang dapat mengakibatkan kemacetan di jalur.

2. Kapasitas kendaraan TIP hanya 50% dan diberlakukan protokol Covid.

3. Diberlakukan buka-tutup TIP apabila pengunjung sudah melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk TIP.

4. Pengguna jalan disarankan untuk istirahat di TIP berikutnya atau keluar di gerbang tol terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM dan selanjutnya
masuk kembali ke Jalan Tol Cipali dengan tarif yang sama.

Kepada pengguna jalan diimbau untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan kendaraannya dengan memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Dan di saat kondisi hujan kecepatan maksimal 70 km/jam.

Selain itu, periksa tekanan ban mobil Anda sebelum melakukan perjalanan. Juga jangan lupa untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik sebelum
memasuki ruas tol agar tidak terjadi kurang saldo saat bertransaksi di gardu. Tetap berkendara dengan hati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas agar senantiasa tercipta jalan tol yang Lancar, Aman dan Nyaman.



Simak Video "Mobil Travel Terperosok ke Parit di Tol Cipali, 1 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)