Ternyata Begini Cara Kerja Lampu Lalu Lintas

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 26 Des 2020 14:04 WIB
Sejumlah petugas Dinas Perhubungan tengah melakukan perbaikan dan perawatan lampu lalu lintas di kawasan Sarinah, Jakarta.
Cara kerja lampu lalu lintas. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Supaya lalu lintas tertib lampu lalu lintas menjadi salah satu infrastruktur yang wajib ada. Anda akan berhenti dan melaju berdasarkan indikator warna yang diberikan oleh lampu dalam jangka waktu tertentu.

Lampu lalu lintas pertama sendiri pertama kali dibuat pada 1868 di London. Pembuatan lampu lalu lintas itu dibuat lantaran saat itu kendaraan bermotor sudah mulai banyak. Lampu lalu lintas saat itu masih dua buah, yaitu merah dan hijau. Lalu terus berkembang menjadi seperti saat ini.

Bagi anda yang setiap hari berkendara dan melewati ratusan, ribuan, atau jutaan sepanjang umur pernahkah terpikirkan bagaimana lampu lalu lintas bekerja? Mengetahui cara tersebut akan membuat anda menyadari bahwa lampu lalu lintas rupanya punya sejumlah proses, sehingga membuatnya bisa berganti lampu dalam jangka waktu tertentu.

Dilihat dari lama Daihatsu, lampu lalu lintas menggunakan basis Automatics Traffic-Light Control System (ATCS). Sistem ini yang menentukan berapa lama waktu masing-masing lampu menyala. Berapa lamanya akan ditentukan pada volume kendaraan yang terjadi di hadapan lampu lalu lintas tersebut.

Nah, untuk melihat kondisi atau volume kendaraan itu lampu lalu lintas dilengkapi dengan bantuan kamera berbasis mikrokontroler. Hasil tangkapan kamera itu nantinya akan diolah oleh komputer. Lalu, komputer bakal menghitung berapa persentase kepadatan yang terjadi di jalan raya saat itu. Nantinya, komputer akan menentukan berapa lama lampu hijau mesti menyala di suatu jalan raya.

Setelah itu, lampu lalu lintas akan mengalami pergantian nyala sesuai dengan waktu yang ditentukan komputer. Dimulai dari lampu hijau, kuning, dan diakhiri oleh lampu merah.



Simak Video "Masalah Traffic Light di Perempatan PIM Tuntas"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)