Jakarta-Bali Via Darat, Jangan lupa Beli Tiket Online untuk Nyebrang

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 25 Des 2020 13:26 WIB
Fokus Road Trip Jakarta-Bali
Road trip Jakarta-Bali. Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta -

Perjalanan Road Trip Jakarta-Bali with Hybrid Car Toyota yang dilakoni team detik.com 14-20 Desember 2020 masih menyisakan cerita nih. Salah satunya saat hendak menyeberangi pelabuhan Ketapang-Banyuwangi agar bisa sampai di Pulau Bali.

Detikcom sarankan bagi Anda yang ingin road trip ke Bali untuk melakukan pembelian tiket melalui online, karena melakukan pembelian tiket melalui online bisa mengurangi interaksi dengan orang banyak, selain itu pembelian online bisa dilakukan kapan saja karena 24 jam pelabuhan akan berangkat setiap 1 jam sekali.

Untuk pemesanan tiket kapal untuk menyeberang bisa dilakukan melalui ferizy.com. Di dalam situs website yang bekerja sama dengan pengelola pelabuhan Ketapang-Gilimanuk ini dijelaskan beberapa hal, di antaranya pengendara diingatkan waktu check-in di Pelabuhan mulai 2 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan.

Selanjutnya para penumpang juga diingatkan harus menunjukkan dokumen e-Ticket saat melakukan proses check-in di pelabuhan. Dikatakan Tiket akan hangus (expired) bila penumpang tiba di pelabuhan melewati jadwal masuk ke pelabuhan. Terakhir diingatkan nama penumpang dan nomor polisi kendaraan harus sesuai dengan kartu identitas dan STNK.

Sehingga dipastikan sebelum pendaftaran setiap penumpang harus mempersiapkan identitas diri agar bisa langsung mengisi dan mendapatkan e-tiket. Karena dalam pengalaman detikcom, aplikasi ini akan terputus cepat jika tidak mengisi dengan waktu yang relatif cepat, jika terputus maka detikers harus mengisi biodata dari awal kembali.

Pembayaran pembelian e-tiket bisa dilakukan melalui online Bank Mandiri dan BRI, sehingga akan memudahkan detikers dalam melakukan transaksi.

Terakhir, meski dalam website pembelian e-tiket kapal hanya bisa dilakukan secara online, pada kenyataannya pembelian tiket di pelabuhan langsung juga bisa dilakukan. Namun dipastikan setelah detikers telah sampai di pelabuhan Gilimanuk, Bali, maka akan ada pemeriksaan antigen, sehingga disarankan untuk mempersiapkan dokumen antigen sebelum perjalanan ya.



Simak Video "Road Trip Jadi Pilihan di Masa Pandemi, Begini Kata Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)