Pertamina Catat Konsumsi Pertamax Turbo Naik Lebih dari 100%

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 25 Des 2020 08:05 WIB
PT Pertamina (Persero) meluncurkan Pertamax Turbo dengan versi yang lebih baik yakni berstandar Euro 4. Pertamax turbo ini diklaim lebih ramah lingkungan.
Pertamax Turbo. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pertamina mencatat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan, Pertamax Turbo, meningkat drastis. Di wilayah Jawa Bagian Barat (JBB) yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, Pertamina mencatat peningkatan konsumsi Pertamax Turbo dan Dexlite, pada Rabu (23/12/2020).

Bahkan, konsumsi Pertamax Turbo dengan RON 98 disebut naik hingga lebih dari 100 persen. Pertamina mencatat konsumsi Pertamax Turbo mencapai lebih dari 660 kiloliter (KL), naik drastis dibanding konsumsi harian normal yakni sekitar 300 KL.

Sedangkan Dexlite (Cetane Number 51) naik sekitar 21% atau lebih dari 290 KL dibandingkan konsumsi normal harian yakni sekitar 240 KL.

"Pola konsumsi seperti ini terjadi karena konsumen sudah makin bijak memilih bahan bakar yang bisa mendukung kinerja mesin kendaraan lebih baik, mengingat mereka harus menempuh perjalanan jauh," jelas Executive General Manager Regional JBB Werry Prayogi.

Pertamax Turbo sendiri merupakan BBM dengan dengan Research Octane Number (RON) 98 yang dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF). Dengan kualitas tersebut, Pertamax Turbo bakal membuat mesin lebih responsif serta meningkatkan akselerasi dan performa mesin kendaraan.

Pertamax Turbo juga diklaim sebagai BBM yang ramah lingkungan dikarenakan emisi gas buang dengan kadar karbon yang rendah. Kadar sulfur Pertamax Turbo saat ini maksimal di angka 50 part per million (ppm) atau setara dengan standar Euro 4.

Pertamax Turbo cocok untuk kendaraan berteknologi tinggi, dengan rasio kompresi minimal 12:1, atau kendaraan dengan teknologi supercharger maupun turbocharger.

Sementara itu, Werry menambahkan, pihaknya turut menyiagakan sejumlah layanan tambahan di jalur Tol Jakarta-Cikampek, Tol Kanci-Pejagan, hingga kawasan wisata jalur selatan Priangan Timur selama Libur Natal ini. Sejumlah layanan Satgas Nataru yang sudah dapat digunakan masyarakat yang melintas di jalur tol dan wisata wilayah Jawa Bagian Barat yakni 10 unit SPBU kantong (mobile storage), 10 titik SPBU modular, 17 armada motorist Pertamina Delivery Service, serta 2 unit mobil tangki PTO (berdispenser).

"Selain SPBU, kami turut maksimalkan layanan tersebut untuk mempermudah masyarakat yang dalam perjalanan mendapatkan BBM," ungkapnya.



Simak Video "3 Pukulan Telak Corona Buat Pertamina, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)