Road Trip Jakarta-Bali

Liburan Lewat Jalur Boyolali-Banyuwangi, Hati-hati Traktor Melintas di Pinggir Jalan

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 24 Des 2020 10:04 WIB
Traktor di Jalan Boyolali-Banyuwangi
Traktor di jalan Boyolali-Banyuwangi (Luthfi Andhika/detikcom)
Jakarta -

Ada cerita-cerita menarik yang kami temui di perjalanan road trip Jakarta-Bali bersama Toyota Corolla Cross Hybrid. Salah satunya gerobak-gerobak yang hilir mudik di pinggir jalan rute Boyolali-Banyuwangi.

Pada beberapa lokasi melintas rute Boyolali-Banyuwangi, kami bukan sekadar bertemu mobil, motor, truk, dan bus. Ternyata di Boyolali banyak warga yang memanfaatkan traktor menjadi kendaraan untuk beraktivitas. Traktor-traktor tersebut turun ke jalan umum.

Saat detikcom melintas, terlihat setelah para petani bekerja menggunakan traktor di jalan raya. Traktor tersebut tak menggunakan ban berukuran besar sebagaimana umumnya, demi bisa melintas di atas aspal para petani itu memodifikasi traktor menggunakan ban mobil.

Traktor di Jalan Boyolali-BanyuwangiTraktor di Jalan Boyolali-Banyuwangi Foto: Luthfi Andhika/detikcom

Tak berhenti sampai di situ, roda yang diperuntukkan untuk membajak sawah pun di masukan ke dalam bak yang juga dilengkapi dengan ban mobil agar bisa melintas di atas aspal. Tak hanya satu petani, terlihat setidaknya ada 4 petani yang mengubah traktor mereka untuk bisa pulang ke rumah melalui jalanan aspal.

Tidak diketahui dengan jelas jenis dan model traktor apa yang digunakan para petani. Meski demikian langkah para petani ini bisa dikatakan cukup kreatif karena memanfaatkan mesin traktor untuk menjadi kendaraaan yang bisa melintas di atas aspal.

Namun untuk menjadikan kendaraan traktor jadi kendaraan umum pada umumnya tidak lah udah. Selain harus melakukan mdifikasi sendiri dengan mengubah ban traktor menggunakan ban mobil, para pengendara traktor juga harus memiliki kesabaran tingkat tinggi. Soalnya bisa dipastikan kecepatan traktor melintas di atas aspal sangatlah pelan, besar kemungkinan hanya melintas 15-20 km/jam.

Traktor di Jalan Boyolali-BanyuwangiTraktor di Jalan Boyolali-Banyuwangi Foto: Luthfi Andhika/detikcom

Nah, bagi detikers yang hendak melintas atau liburan menuju Boyolali menuju Banyuwangi harus lebih hati-hati ya. Karena traktor ini akan melintas di pinggir jalan dengan kecepatan rendah sehingga detikers disarankan untuk lebih waspada saat berkendara.



Simak Video "Sisterfields, Hidangan Melbourne yang Nikmat dan Instagrammable"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)