Toyota Sudah Rilis 13 Model Baru di Indonesia Sepanjang 2020

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 18 Des 2020 14:55 WIB
New Kijang Innova dan New Fortuner
Toyota New Fortuner. Foto: Dok. TAM
Jakarta -

Tahun 2020 berjalan di luar kenormalan lantaran terjadinya pandemi virus Corona (COVID-19). Kendati wabah ini menghantam industri otomotif, beberapa Agen Pemegang Merek di Tanah Air tetap konsisten memperkenalkan model baru untuk menyegarkan pasar. Toyota menjadi salah satu merek yang aktif merilis mobil baru di sepanjang 2020.

"Jadi Toyota Indonesia commit selalu memberikan solusi dan support kepada para pelanggan kami masyarakat Indonesia, terutama pada masa pandemi yang memang mobilitas itu tetap dibutuhkan. Jadi menggunakan kendaraan pribadi tetap penting buat bisnis," bilang Direktur Pemasaran Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, dalam acara Virtual End Year Gathering Toyota 2020, belum lama ini.

"Di tahun ini, walau berat kami tetap menghadirkan produk-produk baru. Jadi kami di Toyota-Astra Motor, baik Toyota atau Lexus tahun ini menghadirkan total 13 produk baru buat masyarakat Indonesia," sambungnya lagi.

Toyota New Kijang Innova dan New FortunerNew Kijang Innova Foto: Dok. TAM

Toyota tercatat sudah merilis beberapa model penyegaran dan model baru dari segmen entry level Agya, kelas menengah seperti Innova dan Fortuner, lalu mobil sport seperti Supra, bahkan sampai yang elektrifikasi dari hybrid, plug-in hybrid, dan terakhir BEV (Battery Electric Vehicle) dari Lexus.

"Jadi masyarakat bisa memilih kendaraan mana sesuai kebutuhan mereka," lanjut Anton.

Di masa pandemi, peluncuran produk baru Toyota dilakukan secara digital untuk meminimalisasi risiko penularan virus. Dimulai sejak Maret saat proses peluncuran Agya, hingga terakhir launching Lexus UX 300e, semuanya menggunakan digital launching.

Mobil listrik Lexus UX 300eMobil listrik Lexus UX 300e Foto: Rifkianto Nugroho

"Dan kami juga bersyukur, informasi, awareness yang kami dapatkan tetap bagus. Kita ambil contoh virtual expo, dulu bayangan kita pameran itu kan seperti GIIAS, IIMS, atau pameran di mal-mal. Sekarang belum bisa kita lakukan seperti dulu, jadi kita lakukan juga expo secara virtual. Dan hasilnya ternyata luar biasa, saya pun merasa ini di atas ekspektasi kami," sambungnya.

Dari sisi aftersales, Toyota saat ini memiliki 333 outlet di seluruh Indonesia. "Kami juga menyediakan banyak inisiatif-inisiatif yang kami perkuat, misalnya bagi customer yang kesulitan datang ke bengkel kita ada mobile service, ada yang disebut dengan pick up service, yang butuh pake leasing atau paket kredit kami juga ada," ujar Anton.



Simak Video "WOTA Sedih, JKT48 Umumkan Kelulusan Khusus Besar-besaran"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)