Pakai Teknologi Pesawat, Ini Spesifikasi Bus Social Distancing Laksana

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 05 Des 2020 07:33 WIB
Produk bus social distancing terbaru Laksana
Bus social distancing terbaru Laksana. Foto: Dok. CV Laksana
Jakarta -

Perusahaan karoseri Laksana memperkenalkan konsep bus social distancing terbaru. Bus buatan karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah itu menggunakan teknologi sirkulasi udara seperti yang ada pada pesawat terbang. Ini spesifikasinya.

Dijelaskan Technical Head Manager CV Laksana, Stefan Arman, konsep bus social distancing ini merupakan hasil kolaborasi lintas sektoral dengan beberapa lembaga seperti Unversitas Diponegoro (Undip) Semarang, Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam, dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Dari Undip ada dua fakultas yang ikut. Kemudian dari kustomer kami PO Sumber Alam. Dan dipandu langsung oleh KNKT," kata Arman, kepada detikOto, melalui sambungan telepon, Jumat (4/12/2020).

Produk bus social distancing terbaru LaksanaProduk bus social distancing terbaru Laksana Foto: Dok. CV Laksana

Lanjut Arman menjelaskan, KNKT bertugas sebagai pemandu atau pengawas, yang bertugas mengarahkan pembuatan sistem sirkulasi udara di bus social distancing Laksana ini.

"Pihak KNKT sangat kompeten untuk sistem sirkulasi udara di pesawat, jadi dari KNKT memberi arahan agar bagaimana cara bus ini menggunakan sistem sirkulasi udara seperti yang ada di pesawat. Jadi secara konsep, sirkulasi udara di bus ini mirip seperti sirkulasi udara di pesawat," sambung Arman.

Bus social distancing Laksana yang berjuluk Bio Smart & Safe Bus ini memiliki desain AC yang berbeda dari bus kebanyakan, di mana posisi inlet berada di bawah, sehingga semburan udara dari atas langsung mengarah secara vertikal ke bawah untuk kemudian disterilkan lagi dengan HEPA filter dan UV-C light.

Produk bus social distancing terbaru LaksanaProduk bus social distancing terbaru Laksana Foto: Dok. CV Laksana

Berkat adanya instalasi kedua part tersebut, kabin bus ini harus memangkas jumlah kursi penumpang. "Ada sedikit pengurangan kapasitas tempat duduk, sejumlah 2 buah, yang digunakan untuk saluran udara dari bawah ke atas, termasuk beberapa lapisan filter, termasuk HEPA dan UV-C," jelasnya lagi.

Secara konfigurasi, bus dengan penerapan jarak sosial antar penumpang ini masih mengusung konfigurasi jok 1-1-1. Kemudian ada 3 pendekatan yang diaplikasikan pada bus Bio Smart ini, yakni environment atau lingkungan, dari segi host atau penumpang, dan juga segi patogen atau virusnya.

"Untuk environment-nya, karena ini ada di kendaraan bus, itu menjadi tanggung jawab dari pihak karoseri (Laksana), sedang dari segi pendidikan (kampus Undip) masuk ke aspek patogennya, jadi mereka akan mengaplikasikan silver nano yang bisa mengurai virus. Kemudian dari segi host-nya, kebetulan kita juga kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Undip, mereka membantu kita sekalian untuk uji klinis lanjutan nanti ke depannya," sambung Arman.

Produk bus social distancing terbaru dari karoseri LaksanaProduk bus social distancing terbaru dari karoseri Laksana Foto: Screenshot Youtube Laksana Bus

Sementara bicara kustomer, PO Sumber Alam bersedia melakukan uji coba bus social distancing terbaru ini untuk kebutuhan operasional. "Ini kemungkinan nantinya akan menjadi bus antar kota. Sementara ini bus nya masih prototipe, satu unit ya. Dan akan digunakan dalam waktu dekat untuk uji coba klinis, mungkin juga akan digunakan untuk operasional dengan beberapa penumpang Sumber Alam," jelas Arman.

Secara bodi dan sasis, menurut Arman nantinya desain bus bio smart ini akan bisa diaplikasikan ke hampir segala macam tipe sasis dan tipe bodi. Jadi lebih ke add-on sifatnya.

"Kalau yang di PO Sumber Alam ini kebetulan ada pemesanan bus tipe Legacy SR2 HD Prime, yang menggunakan sasis buatan Hino (RK8)," terang Arman.

CV Laksana belum merilis berapa harga dari sistem add-on bus social distancing tersebut. "Untuk harga kita belum rilis. Tapi sekali lagi, kita memberikan solusi yang secara biaya tidak begitu mahal untuk meretrofit atau memodifikasi bus-bus yang sudah beroperasi," tukasnya.

Produk bus social distancing terbaru dari karoseri LaksanaProduk bus social distancing terbaru dari karoseri Laksana Foto: Screenshot Youtube Laksana Bus


Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)