Laksana Rilis Bus Social Distancing Terbaru, Disebut Makin Ampuh Tangkal Corona

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 04 Des 2020 15:36 WIB
Produk bus social distancing terbaru dari karoseri Laksana
Bus social distancing terbaru karoseri Laksana. Foto: Screenshot Youtube Laksana Bus
Jakarta -

Perusahaan karoseri Laksana asal Ungaran, Jawa Tengah, merilis bus social distancing terbaru. Produk bus ini disebut lebih ampuh dalam menangkal penyebaran virus Corona dalam kabin bus.

"Kami menciptakan sebuah bus yang lebih dapat meminimalkan penyebaran virus atau partikel antara satu penumpang dengan penumpang lainnya, baik secara kontak fisik maupun melalui udara di dalamnya," kata Technical Head Manager CV Laksana, Stefan Arman, seperti dalam video yang diunggah di media sosial instagram Laksana Bus (3/12).

Produk bus social distancing terbaru dari karoseri LaksanaProduk bus social distancing terbaru dari karoseri Laksana Foto: Screenshot Youtube Laksana Bus

Secara konfigurasi, bus dengan penerapan jarak sosial antar penumpang ini masih mengusung konfigurasi jok 1-1-1. Lalu ada 3 aspek yang ditekankan di produk bus terbaru Laksana ini, pertama aspek environment atau lingkungan, kedua aspek patogen atau virus, dan terakhir adalah host atau aspek seluruh penumpang pada bus tersebut.

"Pada aspek lingkungan, selain menerapkan tata letak social distancing di kursinya. Pada bus ini kami telah merubah sistem sirkulasi udara, sehingga pada setiap penumpang akan menerima sistem aliran udara secara vertikal dari atas hingga ke bawah, di mana kemudian udara tersebut akan melalui beberapa jaringan filter, di antaranya HEPA filter, termasuk sinar UVC yang membuat udara yang disemburkan kembali ke penumpang akan selalu menjadi udara yang bersih dari virus," sambung Arman.

Lanjut Arman menjelaskan, pada bus sistem pendinginan AC telah dilengkapi fitur yang dapat mengambil udara segar dari luar, tepatnya sisi atas bus. Jadi udara yang disirkulasikan kembali ke penumpang bisa lebih steril lagi.

Produk bus social distancing terbaru dari karoseri LaksanaProduk bus social distancing terbaru dari karoseri Laksana Foto: Screenshot Youtube Laksana Bus

"Aspek kedua dan yang telah diaplikasikan pada bus ini adalah aspek patogen atau virusnya. Jadi setiap permukaan interior bus ini sudah diaplikasikan nano silver coating, yang berfungsi untuk mengurai virus-virus yang menempel," lanjutnya.

"Dan yang terakhir pada aspek host atau aspek penumpang. Dan ini adalah sebuah kebiasaan baru di new normal ini tentu saja penggunaan masker akan menjadi sebuah keharusan untuk digunakan setiap penumpang. Produk ini kita namakan bio smart & safe bus dan kami yakin bus ini akan menjadi jawaban untuk solusi perjalanan menggunakan bus secara aman dan nyaman di masa pandemi ini," tukasnya.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)