Porsche Taycan Pecahkan Rekor Drift Terpanjang

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 24 Nov 2020 17:14 WIB
Rekor drift Porsche Taycan
Rekor drift Porsche Taycan. Foto: Youtube: Autoevolution
Jakarta -

Akhir-akhir ini Porsche cukup aktif menunjukkan kebolehan produknya dengan memecahkan rekor dunia. Terbaru, ada Porsche Taycan yang memecahkan rekor drift terpanjang.

Upaya pemecahan rekor ini dilakukan di bulan September 2020 lalu di Porsche Experience Centre, Jerman. Prestasi tersebut diawasi oleh juri Rekor Dunia Guinness, Joanne Brent dan juara drifting Eropa Denise Ritzmann.

Di balik kemudi ada pengemudi balap dan instruktur Porsche, Dennis Retera. Ia berhasil membawa mobil listrik itu drift sejauh 42,171 km dalam kecepatan 46 km/jam. Mobil itu melakukan di lintasan melingkar dengan total 210 putaran dalam waktu 55 menit tanpa henti.

"Saat sistem stabilitas mengemudi dimatikan, melakukan powerslide dengan Porsche elektrik menjadi sangat mudah, terutama dengan varian model ini, yang digerakkan secara eksklusif melalui roda belakang. Selalu ada tenaga yang dibutuhkan. Pusat gravitasi rendah dan jarak sumbu roda yang panjang meningkatkan stabilitas. Desain sasis dan kemudi yang tepat memungkinkan kontrol yang sempurna setiap saat, bahkan saat bergerak ke samping," jelas pebalap asal Belanda itu.

Sebelum ada yang membandingkan ini dengan rekor drifting BMW M5, rekor Taycan ini sesuatu yang berbeda. BMW M5 memang bisa drift sejauh 374 km, tapi itu itu adalah mobil bermesin bensin dan bisa drift sejau itu karena melakukan pengisian bahan bakar sebanyak 5 kali. BMW M5 dapat terus drift saat itu berkat sistem yang dibuat khusus yang memungkinkan pengisian bahan bakar dapat dilakukan saat mobil terus melaju. Sementara itu Taycan melakukan rekor ini dengan satu kali pengisian baterai penuh saja.

Versi andalan Turbo S dari Taycan dapat menghasilkan daya overboost hingga 761 hp bersama dengan Launch Control, dan Taycan Turbo hingga 680 hp. Taycan Turbo S berakselerasi dari nol hingga 100 km / jam dalam 2,8 detik, sedangkan Taycan Turbo menyelesaikan sprint ini dalam 3,2 detik. Turbo S memiliki jangkauan hingga 412 kilometer, dan Turbo berkisar hingga 450 kilometer (menurut WLTP dalam setiap kasus). Kecepatan tertinggi dari kedua model all-wheel-drive adalah 260 km / jam.

Berkat kemampuannya itu mobil ini juga mendapatkan penghargaan sebagai mobil terbaik 2020. Dikutip newspress, dengan melibatkan 86 jurnalis dari 24 negara Porsche Taycan dinobatkan menjadi World Performance Car 2020.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)