Yamaha Nmax Standard Bisa Diupgrade Fitur Y-Connect?

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 21 Nov 2020 20:05 WIB
Yamaha Nmax 155 Standard Connected
Yamaha Nmax Standard bisa ditambahkan fitur Y-Connect dan Smart Key. Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Yamaha baru saja menambahkan varian baru All New Yamaha Nmax Standard Connected. Ini merupakan Nmax Standard yang mendapatkan fitur Y-Connect dan Smart Key System.

Hadirnya varian ketiga ini tak sedikit membuat orang yang sudah membeli Nmax Standard kecewa. Wajar saja, selisih harga antara kedua varian ini hanya Rp 1.250.000.

Jika anda sudah terlanjur beli dan mau punya fitur ini, sebenarnya bisa saja melakukan upgrade. Penambahan ini dikonfirmasi detikcom ke Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Anton Widiantoro.

"Kalau yang standar mau ditambahkan fitur Y-Connect dan Smartkey bisa-bisa saja," Jawab Anton.

Namun, Anton mengatakan penambahan fitur ini secara terpisah kurang setimpal jika dihitung-hitung. Sebab melakukan upgrade Standard yang sudah ada memerlukan banyak ubahan pada motor. Mulai dari sistem elektronik saja sudah beda, belum lagi perangkat-perangkat lain yang terlihat di depan mata seperti komponen Smart Key beserta remotenya hingga speedometer yang berbeda.

"Kalau upgrade dari standar itu banyak part yang harus diganti. Contohnya, cover body, kemudian Starting Generator Control Unit (SGCU) untuk Smart Key, Module Smart Key, receiver-nya, remotenya, kemudian menambah juga CCU, satu lagi speedometer juga harus ganti karena ada notifikasi pesan," papar Anton.

Ia sendiri tidak menyarankan untuk melakukan upgrade karena biayanya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan selisih harga baru Yamaha Nmax Standard dengan Yamaha Nmax Standard Connected.

"Jadi memang itu pilihan konsumen. Bisa tapi mungkin dengan harga yang lebih besar dari Rp 1.250.000 (selisih harga Yamaha Nmax Standard dengan Yamaha Nmax Standard Connected). Kita tidak menyarankan upgrade, tapi kembali lagi pilihan konsumen termasuk dengan nominal yang harganya mahal," usulnya.

Soal biaya penambahannya, Anton belum dapat merincikannya sekarang. Saat ini tim teknis yang kebetulan sedang berakhir pekan belum mengkalkulasi biaya upgradenya. "Berapa upgradenya lagi saya tanya ke tim teknis, tapi sekarang hari Sabtu. Nanti kalau sudah ada segera saya informasikan," tutupnya.



Simak Video "Skutik Yamaha Gear Diluncurkan, Begini Wajah dan Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)