Top! Indonesia Kini Punya Sekolah Drifting

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 17 Nov 2020 15:28 WIB
Pembukaan Sekolah Drifting Juragan99XAR
Foto: Luthfi Andhika/detikcom
Jakarta -

Buat detikers yang ingin lihai ngdrift alias ngesot pakai mobil, kini bisa berguru pada ahli-ahlinya. Baru saja dibuka sekolah drifting pertama di Indonesia Juragan99XAR.

Juragan99XAR Drift School diresmikan Selasa (17/11) hari ini. Sekolah drifting ini berada di Ruko Mendrisio 3 Blok D3 No. 33 di jalan Gading Serpong Boulevard, Tangerang.

"Kita sepakat untuk mengembangkan industrinya, akhirnya kita berkembang membuat kurikulum drift dan hari ini kami sudah meresmikan sekolah drift Juragan99XAR. Tidak hanya drifting tapi kita juga drifting online, sehingga kalau teman-teman ada punya anak Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP) kita siapkan juga dan tahun ini kita sudah mulai," ujar Akbar Rais penggagas Juragan99XAR.

Juragan9XAR dikatakan terbuka untuk umum dan terbagi menjadi dua kelas yaitu Rookie dan Pro serta menerapkan sistem One Day Class satu kali seminggu. Metode pembelajaran mulai dari teori dasar, pelatihan menggunakan simulator E-Sports dan praktek lapangan dengan biaya yang terjangkau. Para siswa akan mendapat fasilitas mobil yang digunakan untuk latihan dan panduan teori dari drifter profesional.

"Jadi ada 4 kelas dengan minimal berusia 15 tahun kalau di bawah 15 tahun harus ada surat izin dari orang tua. Untuk semua yang ingin belajar drift harus mengikuti dari kelas 1 baru nanti meningkat hingga kelas 4, setiap kelas akan mendapatkan sertifikat. Untuk kelas 1 atau pemula, setiap pelajar akan diajari untuk melakukan drift donat dan membuat angka 8, kami juga akan ikut menyediakan unit belajarnya. Tapi kalau ada pelajar yang sudah memiliki mobil juga boleh atau yang ingin membangun mobil drift kami juga bisa bantu. Untuk biaya, kelas 1 itu Rp 3,5 juta, kelas 2 dan 3 itu Rp 5 juta dan untuk kelas 4 Rp 6 juta," kata salah satu pendiri dan instruktur Juaragan99XAR, Danny Ferdito.

Selain sebagai langkah dasar untuk membangun industri drifting di Indonesia, Juragan99XAR Drift School juga berniat untuk bisa membangun generasi baru yang siap terjun ke dunia balap drifting dengan program menarik lainnya seperti E-Sports Competition dan Drifting Competition. E-Sports Competition dan Drifting Competition akan diselenggarakan tahun 2021 dengan menggelar paling sedikit 6 seri.

"Pada dasarnya kami melihat drifting semakin berkembang di Indonesia dan semakin hits di kalangan anak muda, banyak yang ingin belajar. Dengan demikian kami bermaksud untuk menyediakan sarana pelatihan dengan fasilitas terbaik dan mencari generasi baru untuk diarahkan menjadi calon drifter profesional," kata Akbar.

Indonesian Drift Community (IDC) telah sukses menggelar DRIFT CAMP Goes to Bali. Sekitar 42 drifter memeriahkan DRIFT CAMP Goes to Bali.Ilustrasi drifting Foto: Istimewa/Indonesian Drift

Untuk bisa mengasah para drifter Indonesia melalui Juragan 99XAR bekerjasama dengan MaxxBox Lippo Village dan akan diselenggarakan baik secara offline maupun online. Selain itu Juragan99XAR Drift School akan mendukung para Pro Drifter untuk menjadi perwakilan tim drifting Indonesia di kancah internasional, sehingga membuka peluang bagi para pembalap hebat Indonesia untuk tampil di luar negeri.

"Sekolah drift merupakan hal yang sangat bergengsi saat ini. Kami bekerjasama dengan berbagai pihak berpengalaman di dunia drifting. Dengan demikian kami harap bisa melahirkan drifter andal di Indonesia, sehingga semakin banyak kompetisi drifting di digelar di kota besar Indonesia," tambah Gilang Widya Pramana.

Tidak hanya mengajarkan siswanya untuk menjadi drifter andal, tetapi juga berbagi informasi mengenai dunia otomotif melalui live streaming Digital Hub - Motorsport 2.0. Kegiatan ini dikatakan sebagai sarana pengenalan bakat otomotif serta info kompetisi drifting hingga perkembangan generasi baru sehingga para drifter baru juga bisa berkarya di dunia motorsport.

Berbagai dukungan didapatkan Juragan99XAR seperti Ban Accelera Radial, Velg HSR, BMW Original Parts, MaxxBoxx Lippo Village dan MS Glow For Men, dengan harapan melahirkan drifter-drifter handal.

"Dukungan kami ke Juragan99XAR Drift School ini merupakan wujud partisipasi kami dalam memajukan dunia motorsport di Indonesia dan program edukasi kepada generasi muda. Adapun seluruh kendaraan yang digunakan pada Juragan99XAR akan menggunakan BMW Original Parts, dimana kami yakin suku cadang BMW Original Equipment Manufacturer (OEM) mampu menjadi bagian penting dari dunia motorsport, khususnya drifting," ujar Vice President Customer Support BMW Group Indonesia, Ariefin



Simak Video "Unjuk Kebolehan Meliuk-liuk di Lintasan, Festival Mobil Drift Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)