Rabu, 11 Nov 2020 07:04 WIB

Bentuk dan Harga 11-12, Pilih Honda Scoopy atau Yamaha Fino?

Rizki Pratama - detikOto
Honda luncurkan Scoopy generasi ke-5. Perbandingan Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)
Jakarta -

Skuter Eropa memang memiliki gaya khas, namun harganya relatif mahal. Tapi ada alternatifnya seperti Honda Scoopy dan Yamaha Fino yang harganya jauh lebih murah.

Sekilas, Honda Scoopy dan Yamaha Fino sama-sama memiliki gaya body vintage melengkung dan membulat. Walaupun begitu, masing-masing tentu kelebihan dan kekurangannya. Kalau kamu berniat beli, berikut kami sajikan perbandingan masing-masing kelebihannya.

Pilihan Tipe dan Harga Honda Scoopy vs Yamaha Fino

Pertama ada Honda Scoopy yang sudah mengaspal di Indonesia selama satu dekade dan telah sampai ke generasi ke-5, yang baru saja meluncur. Honda Scoopy punya 2 pilihan, yaitu Sporty dan Fashionable non Smart Key dan Stylish dan Prestige Smart Key. Varian tanpa Smart Key dijual dengan harga Rp 19,950.000 sedangkan yang pakai Smart Key dijual Rp 20.750.000.

Generasi ke-5 Honda Scoopy.Generasi ke-5 Honda Scoopy. Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)

Varian dan Harga Honda Scoopy

- Honda Scoopy Sporty dan Fashion Rp 19.950.000
- Honda Scoopy Stylish dan Prestige Rp 20.750.000

Sementara itu Yamaha Fino hadir dalam 3 varian. Ada Fino Grande, Fino Premium dan Fino Sporty. Yamaha Fino Sporty dan Premium harganya Rp 18.735.000 dan sedangkan Yamaha Fino Grande dibanderol Rp 19.895.000.

Yamaha Fino baruYamaha Fino baru Foto: Khairul Imam Ghozali

Varian dan Harga Yamaha Fino

- Yamaha Fino Sporty Rp 18.735.000
- Yamaha Fino Premium Rp 18.735.000
- Yamaha Fino Grande Rp 19.895.000

Dapur Pacu Honda Scoopy dan Yamaha Fino

Honda Scoopy pakai generasi terbaru mesin injeksi 110cc enhanced Smart Power (eSP) berpendingin udara. Mesin yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis ini dapat menghasilkan tenaga 6,6 kW / 7.500 rpm dan torsi 9,3 nm / 5.500 rpm.

Generasi ke-5 Honda Scoopy.Generasi ke-5 Honda Scoopy. Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)

Model ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2L. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

Yamaha Fino pakai mesin lebih besar. Ia mengandalkan mesin Blue Core 125 cc berpendingin udara. Lewat transmisi otomatisnya, motor ini dapat menghasilkan 7,0 kW / 8000 rpm dan torsi 9,6 Nm / 5500 rpm.

Yamaha Fino baruTVC Yamaha Fino Foto: Yamaha Indonesia

Kapasitas tangki bahan bakar kedua motor ini kebetulan sama-sama 4,2 liter. Sementara itu soal konsumsi bahan bakar Yamaha Fino mengabiskan 55 km/liter.

Fitur Honda Scoopy dan Yamaha Fino

Honda Scoopy sudah dibenami ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara. Teknologi ini diteruskan ke pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Selanjutnya ada Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Ada pula USB Charger model terbaru pada console box untuk pengisian baterai ponsel secara praktis tanpa tambahan adapter.

Honda luncurkan Scoopy generasi ke-5.Honda luncurkan Scoopy generasi ke-5. Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)

Honda Scoopy kini juga pakai panel meter digital dengan layar LCD yang lebih besar dan mampu menyajikan informasi lebih beragam, seperti penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien.

Sementara itu sang kompetitor Yamaha Fino punya fitur Advance Key Sistem dengan fungsi ganda untuk menemukan lokasi dan membuka penutup kunci, Eco Indicator, Smart Lock System, dan Stop/Start System.

Yamaha Fino Blue CoreYamaha Fino Blue Core Foto: Niken Purnamasari


Simak Video "Yamaha Meriahkan Sunsilk Hijab Hunt 2018 Kota Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com