Pulang Libur Panjang, Lakukan Ini Agar Mobil Tak Bawa Virus Corona

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 02 Nov 2020 19:07 WIB
Jaman now, nggak cuma manusia yang bisa mandi sauna. Mobil pun sekarang bisa mandi uap ala manusia. Penasaran?
Jangan lupa bersihkan mobil sepulang libur panjang agar terhindar dari COVID-19. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Seperti diketahui rantai penyebaran virus Corona masih belum terputus dan akhir pekan kemarin tidak sedikit orang-orang yang memanfaatkan cuti bersama untuk liburan keluar kota. Bagi yang menggunakan mobil pribadi ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk menjaga anda dan keluarga tetap sehat.

Walaupun sudah mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan, tetap tidak ada ruginya menjaga kebersihan mobil sepulang dari perjalanan jauh. Bagian mobil yang cukup penting untuk dibersihkan adalah bagian kabin selain mencuci bagian luar mobil apabila kotor.

"Dari kita pasti tetap cuci mobil setelah perjalanan jauh. Selain itu kita anjurkan untuk fogging juga. Kan setelah perjalanan jauh kita lagi ke mana bisa jadi ada bakteri masuk ke dalam mobil," kata Marketing Manager Autoglaze Indonesia, Stephen Setyadi kepada detikcom melalui sambungan telepon, Senin (2/11/2020).

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk dibersihkan adalah sistem penyejuk ruangan atau AC. Seperti kita ketahui, virus atau bakteri akan sulit keluar dari ruangan tertutup. Membersihkan AC merupakan salah satu upaya untuk mengurangi risiko penularan COVID-19 pasca perjalanan jauh dengan mobil setelah libur panjang kemarin.

"Disarankan juga untuk AC Cleaning seperti di rumah atau gedung-gedung mobil juga pakai AC. Mobil juga perlu dibersihkan ditambah lagi mobil melakukan perjalanan dan berpindah tempat pasti lebih kotor. Apalagi habis keluar kota AC juga harus dibersihkan," tambah Steven.

Selanjutnya untuk perlindungan maksimal, setelah mobil dibersihkan dapat dilakukan fogging. Fogging ini berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri yang tertempel di interior mobil.

"Untuk tambahan bisa fogging juga. Dalam perjalanan kan sering juga berhenti di suatu tempat dan kadang makan juga di mobil," tutupnya.



Simak Video "Corona RI 10 Mei: Tambah 5.944, Total Kasus Jadi 1.718.575"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)