Libur Panjang Akhir Pekan, Konsumsi BBM Naik Hampir 3 Kali Lipat

Tim detikcom - detikOto
Senin, 02 Nov 2020 07:47 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
Konsumsi BBM Pertamina naik saat libur panjang. Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Saat libur panjang akhir pekan kemarin, banyak masyarakat yang memanfaatkan momen untuk berpergian ke luar kota. Selain lalu lintas yang naik signifikan, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pun meningkat drastis.

Pertamina mencatat kenaikan konsumsi BBM yang signifikan terutama di tol Trans Jawa. PT Pertamina (Persero) di wilayah Marketing Operation Region IV Jawa Bagian Tengah mencatat kenaikan konsumsi BBM hampir 300% di SPBU tol Trans Jawa, di ruas A (Jakarta menuju Surabaya) yaitu km 379, 429 dan 519.

Hal ini disampaikan oleh Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR IV, Kevin Kurnia Gumilang.

"Kenaikan konsumsi BBM di SPBU tol trans Jawa km 379 misalnya, saat normal, rata-rata harian penyaluran BBM sebanyak 60 kiloliter (KL) per hari, namun saat cuti bersama ini tercatat hingga 178 KL per hari. Kenaikan tertinggi tersebut terjadi pada tanggal 28 Oktober lalu," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Pertamina MOR IV mencatat kenaikan konsumsi BBM hampir 300% di SPBU tol Trans Jawa terutama di ruas A (Jakarta menuju Surabaya) yaitu KM 379, 429 dan 519.Pertamina MOR IV mencatat kenaikan konsumsi BBM hampir 300% di SPBU tol Trans Jawa terutama di ruas A (Jakarta menuju Surabaya) yaitu KM 379, 429 dan 519. Foto: Dok. Pertamina

Menurutnya, total konsumsi BBM jenis gasoline di wilayah Jawa Bagian Tengah (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta) naik 4% dari rata-rata harian. Biasanya konsumsi BBM jenis itu hanya 11.600 KL per hari naik menjadi 12.100 KL.

"Sementara untuk konsumsi BBM jenis gasoil (biosolar dan dex series) cenderung stabil di angka 5.700-5.800 KL," sebutnya.

Pertamina juga melakukan antisipasi kenaikan konsumsi BBM di SPBU jalur tol Trans Jawa. Pertamina MOR IV menyiagakan mobile storage di SPBU ruas A (Jakarta - Surabaya) maupun ruas B (Surabaya - Jakarta).

"Mobile storage merupakan truk tangki BBM yang disiagakan di SPBU rest area tol trans Jawa dan berfungsi untuk pengisian secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan konsumsi yang signifikan", ujar Kevin.



Simak Video "Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)