Dua Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tol Layang Japek Hari Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 29 Okt 2020 02:53 WIB
Kecelakaan beruntun di Tol Jakarta- Cikampek tol elevated
Kecelakaan di tol layang Jakarta-Cikampek Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Musim libur panjang Oktober 2020, dua peristiwa kecelakaan beruntun terjadi di Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Rabu (28/10/2020). Kecelakaan disebabkan karena pengemudi kurang hati-hati. Akibat peristiwa ini sempat menimbulkan kemacetan di lokasi.

Kecelakaan beruntun pertama terjadi pada 07.45 WIB. Peristiwa itu melibatkan hingga enam kendaraan karena kurangnya antisipasi dalam berkendara.

"Tepat pukul 07.45 pagi tadi, terjadi kecelakaan serupa yang juga melibatkan enam kendaraan, tepatnya di Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated arah Cikampek. Sama dengan yang siang ini, tidak terdapat korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Dalam waktu kurang lebih satu jam, lalu lintas kembali lancar," ujar General Manager Traffic PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Chandra Hutabarat, dalam keterangan resminya, Rabu (28/10/2020).

Peristiwa kedua terjadi pada pukul 13.05 WIB, lima kendaraan mengalami kecelakaan beruntun. di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, tepatnya di Km 35 arah Cikampek. Serupa dengan kejadian sebelumnya, kecelakaan diduga terjadi akibat kurangnya antisipasi pengendara.

"Ditengarai pengendara kendaraan pertama melakukan pengereman mendadak yang mengakibatkan kendaraan belakang kurang antisipasi dan tidak sempat menghindar sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang melibatkan lima kendaraan," tambahnya.

Chandra melanjutkan, petugas Mobile Costumer Services (MCS) dan Derek Jasa Marga segera melakukan evakuasi kendaraan dan mengatur lalu lintas untuk mengurai kepadatan yang terjadi.

"Pukul 14.50 WIB kendaraan terlibat sudah berhasil dievakuasi dan diamankan dari lokasi kejadian serta dilakukan pembersihan lajur untuk memastikan jalan tol aman untuk dilintasi," ujar Chandra.

Tidak terdapat korban akibat kedua kecelakaan tersebut, hanya kerugian material. Saat ini semua lajur sudah dapat dilalui dan kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar.

Chandra mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan serta mematuhi rambu-rambu, batas kecepatan maksimal dan arahan petugas.

"Pastikan pengendara dalam keadaan prima, tidak lelah ataupun mengantuk. Selain itu yang paling penting, patuhi kecepatan maksimal dan minimal di jalan tol ini, 60 Km/Jam dan 80 Km/Jam," tutup Chandra.



Simak Video "Cerita Sopir Truk soal Detik-detik Kecelakaan Maut di Tol Cipali"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)