Truk Proyek di Pulau Komodo Dijamin Mundur Kalau Ketemu 4 Komodo Ini

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 26 Okt 2020 18:32 WIB
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengunjungi PT Pindad. Suharso menyaksikan parade kendaraan taktis dan tempur produksi perusahaan pelat merah tersebut.
Rantis Komodo buatan PT Pindad (Persero). Foto: Mukhlis Dinillah
Jakarta -

Foto komodo menghadang truk di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) jadi sorotan di media sosial. Momen ini terjepret kamera saat pembangunan proyek berskala internasional di Pulau Komodo sedang berlangsung.

Tidak ada keterangan bagaimana nasib komodo yang menghadang truk tersebut. Akan tetapi truk itu bukan lawan sebanding dengan Komodo besi andalan pertahanan militer Indonesia.

Komodo juga merupakan nama unit produksi PT Pindad (Persero) yang dipakai oleh TNI dan Polri. Kendaraan taktis 4x4 ini memiliki empat pilihan fungsi yang dapat diandalkan dalam keperluan militer. Ada Komodo 4x4 Missile Launcher, Komodo 4x4 Battering Ram, Komodo 4x4 Armored Vehicle Carrier Police, dan Komodo 4x4 Recon.

1. Komodo 4x4 Missile Launcher

Rantis Komodo PindadRantis Komodo Pindad Foto: PT Pindad (Persero)

Varian Komodo dengan kemampuan untuk meluncurkan rudal Mistral yang terpasang pada bagian belakang kendaraan. Varian ini memiliki kapasitas personel 4 orang. arian ini menggunakan transmisi manual untuk perpindahan percepatan pada mesinnya. Selain itu, Komodo Missile Launcher dilengkapi dengan intercom set sebagai alat komunikasi personel yang berada didalamnya. Varian ini digunakan oleh TNI-AD untuk keperluan pertahanan udara.

Komodo 4x4 Missile Launcher memiliki dimensi panjang 6,3 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 2,4 meter. Rantis ini punya kapasitas tangki 150 liter dengan kemampuan jelajah sejauh 450 km. Dapur pacunya mengandalkan mesin diesel 4 silinder 215 hp dengan turbo berpendingin yang bisa membuatnya berlari sampai kecepatan 80 kpj di jalan raya dan 30 kpj di offroad.

2. Komodo 4x4 Battering Ram

Rantis Komodo PindadRantis Komodo Pindad Foto: PT Pindad (Persero)

Komodo satu ini memiliki kehebatan daya hantam yang kuat. Kemampuan ini didapatkan dari perubahan bumper depan dengan model yang lebih kokoh dengan pipa tubular yang membentuk perlindungan terhadap bagian depan kendaraan. Selain itu, pada bagian kaca disematkan jaring-jaring besi untuk menghalau benda-benda yang dihantam.

Kendaraan ini dapat membawa 8 orang dengan mesin diesel Turbo Charger Intercooler bertenaga 215 HP yang memiliki daya jelajah 450 kilometer. Kapasitas tangkinya 200 liter dan memiliki performa yang sama dengan Komodo 4x4 Missile Launcher.

3. Komodo 4x4 APC Police

Rantis Komodo PindadRantis Komodo Pindad Foto: PT Pindad (Persero)

Seperti nama dan bentuknya, mobil ini dibuat khusus sesuai kebutuhan aparat kepolisian. Varian ini memiliki fungsi sebagai kendaraan angkut personel yang dapat memuat 12 orang didalamnya.

Dengan mesin diesel 6 silinder Turbo Charger Intercooler, kendaraan ini mampu melaju sampai dengan 80 km/h dengan daya jangkau sampai dengan 450 kilometer yang di dukung oleh tangki bensin sebesar 200 liter.

4. Komodo 4x4 Recon

Rantis Komodo PindadRantis Komodo Pindad Foto: PT Pindad (Persero)

Komodo satu ini punya kemampuan mengintai. Kendaraan ini dirancang untuk bergerak cepat dan tepat dalam setiap misinya. Dilengkapi dengan mesin diesel 215 HP dengan Turbo Charger Intercooler, kendaraan ini mampu mencapai top speed 80 km/h di jalan raya, dengan daya jelajah sejauh 450 kilometer. Kendaraan ini cukup untuk menampung 4 orang personel di dalamnya.

Fiturnya mulai dari alat komunikasi radio VHF dan HF, serta Intercom yang telah terpasang didalamnya. Kendaraan ini juga memiliki GPS dan Thermal Vision untuk membantu pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan dalam keadaan gelap di malam hari.



Simak Video "Viral Video Komodo Nyasar ke PLTD PLN"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)