Bos Tim F1 Racing Point, Lawrence Stroll Positif COVID-19

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 22 Okt 2020 17:33 WIB
Logo Aston Martin
Bos Aston Martin, Lawrence Stroll positif COVID-19. Foto: Reuters/Neil Hall
Jakarta -

Miliarder pemilik Aston Martin dan Tim balap F1 Racing Point, Lawrence Stroll dinyatakan positif tertular virus Corona. Virus ini diduga tertular dari anaknya, Lance Stroll yang kebetulan adalah pebalap dari tim besutan ayahnya itu.

Lance beberapa hari lalu mengungkapkan dirinya positif COVID-19 setelah melakoni balapan F1 Eifel. Usai balapan ia pulang ke rumah dan besoknya dinyatakan positif virus Corona setelah melakukan tes.

Juru bicara Lawrence yang dikonfirmasi mengatakan bahwa miliarder kelahiran Kanada itu mengunjungi kantor pusat Aston Martin di Inggris pada 8 Oktober dan dalam kondisi negatif COVID-19. Lawrence juga tidak hadir di F1 Rusia tanggal 27 September dan F1 Eifel tanggal 11 Oktober.

Saudagar Kanada itu tidak menunjukkan gejala dan menyelesaikan masa isolasi wajib selama 10 hari sesuai peraturan karantina Swiss. Dugaan Lawrence tertular COVID-19 dari anaknya terbantahkan berdasarkan timeline kegiatan ayah dan anak ini. Lawrence dan Lance tidak melakukan kontak selama F1 Eifel.

Sementara itu Racing Point juga merilis pernyataan pada hari Rabu untuk mengklarifikasi rentetan aktivitas Lance Stroll menjelang dinyatakan positif COVID-19. Kepala tim Racing Point, Otmar Szafnauer menegaskan bahwa semua protokol kesehatan dipatuhi.

Szaufnuer menambahkan bahwa tes COVID-19 tidak dilakukan jika tidak ada gejala. Dokter atau tim medis yang bertugas di saat itu itu tidak mengatakan bahwa Lance perlu dites karena tidak menunjukkan gejala.

"Dia berkonsultasi dengan dokter yang tidak percaya gejalanya menunjukkan COVID-19 dan tidak menyarankan tes itu diperlukan. Berdasarkan penilaian klinis ini, pada saat itu tidak ada kewajiban untuk memberi tahu FIA tentang penyakitnya," kata Szafnauer.



Simak Video "Formula 1 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)