Toyota jadi Merek Otomotif Terbaik Tahun Ini

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 22 Okt 2020 11:58 WIB
Logo Toyota terlihat di diler AutoNation Toyota di California
Toyota merek otomotif terbaik tahun 2020. Foto: Reuters/Mario Anzuoni
Jakarta -

Berbagai damefekpak dialami oleh industri dunia di masa pandemi virus Corona. Ada yang mengais untung namun tak sedikit juga yang buntungi, pun begitu pada industri otomotif dunia. Kalau bicara merek otomotif terbaik tahun ini, siapa pemenangnya?

Kondisi ini menyebabkan beberapa nama baru di penghargaan Best Global Brands 2020, Interbrand. Penghargaan ini menilai semua merek dagang dunia yang tentunya akan kita soroti nama-nama dari industri otomotifnya saja. Ada 15 merek otomotif yang masuk di daftar 100 merek terbaik tahun ini.

Penghargaan ini melakukan penilaian berdasarkan performa finansial, upaya merek dalam meyakinkan konsumen, serta kekuatan brand dalam membangun loyalitas untuk konsumen dan profit di masa depan.

Di antara 100 merek terbaik yang ada di daftar, ada Tesla sebagai pendatang baru dengan valuasi USD 12,785 juta. Berada di peringkat 40 dari semua merek dan peringkat 6 di antara pabrikan otomotif.

Peringkat pertama merek terbaik otomotif tak lain dan tak bukan masih dipegang oleh Toyota dengan valuasi USD 51,595 juta. Nomor dua ada Mercedes-Benz dengan nilai USD 49,268 juta.

BMW, Honda, dan Hyundai mengikuti di berikutnya. BMW memiliki nilai USD 39,765 juta, Honda USD 21,694 juta dan Hyundai 14,295 juta. Peringkat 6 sampai 10 diisi oleh Tesla, Ford, Audi, Volkswagen, dan Porsche. 5 merek terakhir Industri otomotif yang masuk daftar ini ada Nissan, Ferrari, Kia, Land Rover, dan Mini.

Semua merek otomotif mengalami penurunan nilai dari penilaian tahun lalu, kecuali Tesla yang baru masuk di daftar ini. Penurunan ini tak dapat dipungkiri berasal dari dampak keringnya penjualan.

Secara umum Toyota hanya bertengger di peringkat ke-7. Merek otomotif terbaik itu kalah dari perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi.

Merek terbaik Interbrand tahun ini adalah Apple dengan valuasi USD 322,999 juta. Selanjutnya ada Amazon dengan valuasi USD 200,667 juta dan Microsoft dengan valuasi USD 166,001 juta.



Simak Video "Lexus UX 300e Ikut Setrum Dunia Mobil Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)