Jumat, 25 Sep 2020 15:45 WIB

Canggih, Jalanan di Ibu Kota Israel Bisa Ngecas Bus Listrik yang Berjalan

Luthfi Anshori - detikOto
Proyek recharging roads yang dikembangkan perusahaan Israel, ElectReon Tel Aviv menjadi salah satu kota pertama di dunia yang kembangkan recharging roads. Foto: Istimewa
Tel Aviv -

Perusahaan asal Israel, ElectReon, membuat proyek percontohan recharging roads di jalan raya ibu kota Tel Aviv-Jaffa. Teknologi tersebut memungkinkan pengisian daya ulang kendaraan listrik dilakukan sambil berjalan di atas jalan raya.

Seperti dikutip dari Times of Israel, pilot project ini akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan. Rencananya, pihak pengembang akan menanamkan teknologi ini di sepanjang rute bus antara Stasiun Kereta Api Universitas Tel Aviv dan Terminal Klatzkin di Ramat Aviv, dengan panjang sekitar 600 meter.

Bagaimana cara kerja teknologi ini? Mengutip situs ElectReon, mekanismenya kurang lebih seperti proses pengecasan secara wireless pada smartphone. Jadi di bawah jalan akan ditanam gulungan tembaga untuk mentransfer energi dari jaringan listrik ke jalan raya. Selain itu, juga ada sistem komunikasi untuk memberi tahu ketika ada kendaraan listrik yang melintas jalanan tersebut.

Sistem receiver dipasang di lantai kendaraan untuk mengirimkan energi langsung ke mesin dan baterai saat kendaraan berjalan. Komunikasi dengan semua unit manajemen dan semua kendaraan akan mengandalkan teknologi cloud.

Teknologi pengecasan di jalan raya ini mempunyai keunggulan lebih banyak daripada sistem pengisian kendaraan listrik konvensional. Pertama effortless, sebab kendaraan tidak harus berhenti dan menunggu waktu berjam-jam untuk mengisi ulang daya listrik. Kedua, karena tidak khawatir baterai kehabisan di jalan, maka baterai dengan ukuran lebih kecil bisa disematkan pada bus listrik, dampaknya ruang kabin penumpang bakal lebih lapang.

"Membangun jalan listrik di Tel Aviv-Jaffa akan memiliki dampak besar," tulis pernyataan pemerintah kota Tel Aviv. "Dari meningkatkan kualitas udara untuk kepentingan penduduk dan pengunjung, hingga memperkenalkan solusi transportasi canggih kepada dunia, yang menempatkan Israel sebagai pemimpin global di bidangnya," sambung pernyataan itu.

Ditambahkan CEO ElectReon, Oren Ezer, proyek percontohan itu merupakan langkah yang sangat penting dalam penerapan teknologi jalan listrik dan ia pun senang bahwa rute publik pertama yang dialiri listrik sedang dibangun di Tel Aviv, sebagai pemimpin global dalam bidang inovasi dan transportasi cerdas.

Jika proyek percontohan tersebut berhasil, Israel berencana memperbanyak jaringan pengisian listrik jalan raya itu. Tidak hanya bus, truk distribusi dan kendaraan pribadi juga bisa menikmati fasilitas tersebut ke depannya.

"Kami terus bekerja mengurangi polusi udara di kota, dan rencana aksi strategis ini kami siapkan untuk merespons perubahan iklim dunia. Kami telah menempatkan posisi untuk perang melawan polusi sebagai agenda utama. Jika uji coba ini berhasil, kami akan mengevaluasi bersama Kementerian Perhubungan. Kami bisa memperluasnya ke lokasi lain," bilang Walikota Tel Aviv-Jaffa, Ron Huldai.



Simak Video "Israel Lockdown 3 Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com