Kamis, 24 Sep 2020 07:07 WIB

Kenapa Warna Mobil yang Paling Laris Putih atau Hitam?

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Alphard putih Prabowo (Andhika/detikcom) Mobil warna putih jadi favorit (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Dua warna mobil yakni putih atau hitam masih jadi kelir favorit bagi pemilik mobil di dunia. Bahkan, warna putih jadi yang pilihan terbanyak sepanjang 2019 lalu.

Menurut riset yang dilakukan perusahaan coating BASF yang diwartakan CNBC, warna akromatik seperti putih, hitam, dan abu-abu masih mendominasi warna mobil. Sebanyak 39 persen mobil di dunia adalah putih, sedangkan hitam, abu-abu dan silver juga menyumbang angka sebesar 39 persen. Ini artinya sekitar hampir 80 persen, warna-warna mobil di dunia merupakan warna akromatik.

Sedangkan sekitar 22 persen warna mobil lainnya ialah warna kromatik. Warna yang paling populer adalah biru - sekitar 9% mobil memiliki warna itu, dan hanya 7% kendaraan yang dicat merah.

Khusus di wilayah Asia-Pasifik termasuk Indonesia, 49 persen pemilik mobil lebih memilih warna putih paling tinggi dari wilayah lainnya. Pearl White jadi warna yang paling populer, sedangkan warna hitam lebih rendah, kebanyakan orang memilih hitam karena mengekspresikan kesan sporty.

Di antara warna kromatik, biru menempati urutan teratas dengan 7%, seperti yang biasa terlihat pada kendaraan listrik (EV), diikuti oleh merah pada 6%.

"Biru dan putih mendukung citra desain yang bersih, murni, dan berkelanjutan," kata Chiharu Matsuhara, kepala Design Asia Pacific / Coatings Color and Design.

Mencuplik CNBC dalam laporan tersebut alasan lain warna putih atau hitam lebih mendominasi karena dealer lebih memperbanyak stok mobil dengan mobil-mobil berwarna populer alias akromatik. Sedangkan para pembeli mobil mengkhawatirkan jika tidak memilih warna mobil akromatik harga jual kembali bakal anjlok.

Kalau kamu kenapa memilih warna mobil akromatik, detikers?



Simak Video "Wanita Brasil Ini Jualan Tanaman Pakai VW Kodok"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com