Selasa, 22 Sep 2020 21:00 WIB

Mobnas Vietnam Garap Mobil Listrik Usai Bikin Mobil Mewah

Rizki Pratama - detikOto
VinFast President Vinfast sudah siap menyasar elektrifikasi tahun 2021. Foto: Istimewa
Jakarta -

Merek mobil nasional Vietnam, Vinfast melakukan langkah yang sangat agresif. Baru berusia 2 tahun, mereka sudah berani menjual mobil super mewah. Tak sampai di sana, tahun depan Vinfast juga akan masuk segmen mobil listrik.

Vinfast mengabarkan bahwa mereka sedang mengembangkan mobil listrik. Produk terbaru rencananya rampung tahun 2021 untuk memenuhi permintaan mobil listrik di Amerika Serikat. Bos Vingroup. Pham Nhat Vuong mengatakan bahwa VinFast berkeinginan untuk membangun brand Vietnam yang memiliki reputasi kelas dunia.

"Tantangan terbesar kami adalah produk Vietnam tidak memiliki merek internasional. Bagi banyak beberapa orang dunia, Vietnam masih merupakan negara yang miskin dan terbelakang. Kami harus menemukan cara untuk memasarkan dan membuktikan produk kami mewakili Vietnam yang dinamis dan berkembang yang telah mencapai standar tertinggi dunia," katanya.

Sebelumnya Vinfast memang dilaporkan ingin memasuki pasar AS yang membuat Vuong rela menginvestasikan USD 2 miliar kekayaan pribadinya untuk menggapai ambisi ini. Vinfast memiliki rencana mengisi pasar dunia karena pabrikan mobil ini menganggap pasar domestik yang kecil dan tidak terlalu menguntungkan.

Melihat hasil mobil mewah yang telah mereka luncurkan, mobil listrik yang akan diluncurkan Vinfast tampak menjanjikan. Namun untuk sukses di pasar tentu ada banyak hal yang harus dihadapi Vinfast selain menyiapkan produk yang baik.

Vinfast baru berusia 2 tahun Dua tahun lalu dengan memperkenalkan dua produk pertama, sedan LUX A2.0 dan SUV LUX SA2.0. Keduanya ini dibantu oleh pabrikan mobil mewah Italia, Pinanfirina.

Awal bulan ini mereka kembali menghebohkan dunia dengan meluncurkan mobil SUV bernama Vinfast Presiden. Mobil yang diproduksi terbatas 500 unit itu didukung mesin V8 6,2 liter bertenaga 420 hp dan torsi 624 nm. Konfigurasi itu dilengkapi dengan transmisi otomatis 8-percepatan dan berpenggerak empat roda.

Vinfast Presiden dapat berlari dari keadaan diam hingga 100 km/jam dalam waktu 6.8 detik dan mencapai kecepatan maksimum hampir 186 mph (300 km/jam). Mobil mewah buatan Vietnam ini dijual mahal dengan banderol USD 198 ribu atau setara dengan Rp 2,9 miliaran.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com