Senin, 21 Sep 2020 15:53 WIB

Corona Merajalela, Ribuan Bikers Nggak Kapok Gelar Kopdar Lagi

Ridwan Arifin - detikOto
Sturgis Motorcycle Rally Ilustrasi kopdar motor yang jadi penyebab superspreader virus corona Foto: Instagram @Sturgirrally
Missouri -

Di tengah pandemi Corona, biker festival tetap digelar di Danau Ozark, Missouri, Amerika Serikat. Acara yang dilangsungkan tiap tahun ini diperkirakan menyedot 125.000 orang. Dikhawatirkan kerumunan ini akan berubah menjadi 'superspreader' virus Corona.

Hajatan yang bertajuk "Bikefest Lake of the Ozarks" edisi ke-14 ini digelar pada 16-20 September 2020 lalu. Para bikers memadati bar, restoran, dan konser di sepanjang Danau Ozark.

Tidak ada jaga jarak dan pembatasan minimal pengunjung. Bahkan, Walikota Danau Ozark, Gerry Murawski mengatakan sebagian besar bikers tidak menggunakan masker.

"Bikers tidak memakai masker," katanya seperti dikutip dari Gazellenet, Senin (21/9).

Gerry melanjutkan biasanya Danau Ozarks memang selalu ramai setiap tahun, di mana puluhan ribu orang berdatangan untuk memeriahkan event tahunan tersebut. Meski tahun ini ada pandemi corona, hal itu tidak menghalangi mereka untuk tetap berpesta.

Tentu, acara tersebut mendapat kritik di media lokal setempat. Meski bisnis dan restoran diizinkan kembali beroperasi, tetapi para turis tidak mematuhi kewajiban menjaga jarak fisik atau memakai masker. Tapi Murawski berpendapat digelarnya festival itu menjadi penanda bahwa situasinya tidak seburuk yang dibayangkan, terutama kelangsungan bisnis pariwisata, seperti hotel dan pemilik kondominium di wilayah tersebut.

"Seseorang membuat citra dan kami mendapat berita sangat buruk dari TMZ (media nasional Thirty Mile Zone)."

"Kita salah satu pemenang dalam hal COVID ini," ujar dia.

Para bikers tersebut dikhawatirkan bisa menjadi superspreader. Bukan tanpa sebab, acara otomotif tersebut dikhawatirkan mengalami kejadian yang sama dengan Sturgis Motorcycle Rally yang dilangsungkan pada pertengahan Agustus lalu meski tengah terjadi pandemi Virus Corona.

Sebuah penelitian yang dirilis oleh University of Bonn-affiliated Institute for Labor Economics (IZA), menyebut ratusan ribu kasus positif corona di Amerika Serikat pada periode 2 Agustus sampai 2 September terkait erat dengan Sturgis Motorcycle Rally.

Peneliti memperkirakan kalau 19% dari 1,4 juta kasus COVID-19 dalam periode 2 Agustus sampai 2 September (atau total sebanyak 266.796 kasus) bisa dilacak terkait dengan Sturgis Motorcycle Rally tersebut.



Simak Video "Kiat-kiat dari Bos Bukalapak Biar Jualan Laku"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com