Kamis, 17 Sep 2020 15:27 WIB

Kata Satpol PP Soal Nyetir Sendiri Didenda Gegara Turunkan Masker

M Luthfi Andika - detikOto
First Crack Coffee Evani Jesslyn Evani yang didenda karena menurunkan masker tepat di bawah hidung. Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance
Jakarta -

Pada masa pandemi seperti saat ini menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah wajib hukumnya. Bahkan jika ada masyarakat yang nakal tidak mengenakan masker pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti sekarang, siap-siap bakal kena hukuman sosial atau denda ya.

Namun saat ini ada kejadian yang tengah ramai dibicarakan di media sosial yang dialami oleh Evani Jesslyn. Dia ditindak gegara menurunkan masker tepat di bawah hidung agar lebih mudah bernapas saat nyetir sendirian. Kejadian ini pun diabadikan oleh dirinya sekaligus menunjukkan bahwa para petugas yang bekerja lebih tidak menerapkan protokol kesehatan.

Spontan video yang diabadikan dirinya ini menjadi pusat perhatian warganet dan jadi viral. Menanggapi hal tersebut Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengapresiasi saran yang diberikan oleh Evani, agar para petugas lebih menerapkan protokol kesehatan. Selain itu Arifin juga menjelaskan alasan mengapa saat kejadian Evani terkesan banyak sekali petugas.

"Itu kejadian kemarin di Danau Sunter Jakarta Utara, memang kemarin sedang ada operasi Yustisi gabungan antara kepolisian, TNI, pengadilan untuk pelaksanaan sidang di tempat," kata Arifin.

"Mekanismenya Yustisi itu pasti kehadiran petugasnya lebih banyak, ada kepolisan Polres Jakarta Utara, serta staf pengadilan. Artinya pelaksanaan seperti sidang ada jaksa begitulah, sehingga petugasnya banyak karena yang terjangkau soal kedisiplinan juga banyak (yang melanggar tidak mengenakan masker). Jadi terkesannya kami tidak mengindahkan protokol kesehatan," Arifin menambahkan.

Namun Arifin menyampaikan rasa terima kasih kepada Evani atau siapa pun yang memberi saran agar para petugas lebih menerapkan protokol kesehatan.

"Tapi apa yang disampaikan ke kami atau di sosmed itu akan kita lakukan sebagai evaluasi ke depan (menjadi masukan bagi para petugas), supaya lebih memperhatikan protokol kesehatannya. Karena mungkin petugasnya banyak kesannya berkerumun, karena ini operasi gabungan," ucap Arifin.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Jangan Lupa Pakai Maskermu, Satpol PP Memantaumu!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com