Senin, 14 Sep 2020 10:37 WIB

Begini Hasilnya Sepeda Listrik Buatan Pria Pensiunan di Bekasi

Rizki Pratama - detikOto
Sepeda Listrik Sepeda listrik. Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Teknologi elektrifikasi pada dasarnya adalah hal yang ringkas dan mudah diaplikasikan. Selain banyak perusahaan rintisan berdiri, secara individu pun dapat membuatnya apalagi dalam bentuk sepeda listrik.

Contohnya seorang pria pensiunan asal Pondok Gede, Bekasi, bernama Mujahid. Ia baru saja menghasilkan sebuah sepeda berpenggerak listrik yang cukup mumpuni dan belum banyak orang tahu.

Tim detikcom pun berhasil menemui Mujahid di kediamannya dan menjajal sepeda listrik garapannya. Mujahid menamai sepeda listriknya itu dengan nama Sigma yang diambil dari nama tempat ia bermukim.

Bicara kemampuan, sepeda listrik ini cukup menjanjikan. Kendati masih menggunakan baterai jenis acid yang tergolong besar, Mujahid mampu meracik sepeda listrik yang nyaman tanpa menghilangkan estetika sepeda.

Sepeda ListrikSepeda Listrik Foto: Dikhy Sasra

Sepeda listrik Sigma menggunakan empat baterai acid yang ditotal berkapasitas 1.000 watt. Sebagai penggeraknya ia mengandalkan dinamo bertenaga 48V. Hasilnya Sepeda listrik Sigma dapat berlari dengan kecepatan 60 km/jam dan menempuh jarak 60 km dengan satu kali pengisian penuh.

"Sekali gowes bisa 60 km sekali cas saya pakai ampere yang agak besar. Kecepatan bisa sampai 65 km/jam. Tadinya coba pakai dinamo 24V cuma kurang, terus kita ganti dengan 48V. Terus baterainya juga sekarang 1.000 watt," ungkap Mujahid kala disambangi di kediamannya di Pondok Gede, Bekasi, Sabtu (12/9/2020).

Untuk rangka, Mujahid hampir membuat semuanya. Ia hanya membeli stang dan fork depan siap jadi sedangkan lengan ayun belakang dibuat sendiri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan sepeda listrik.

Sepeda ListrikSepeda Listrik Foto: Dikhy Sasra

Hal lain yang membuat sepeda ini berbeda adalah penambahan suspensi. Alasan menggunakan suspensi adalah untuk mengimbangi bobot sepeda yang bertambah oleh baterai. Selain itu posisinya dibuat agak miring agar ayunan suspensi tak terlalu terasa.

"Ini hampir semuanya bikin sendiri. Selain itu sepeda biasa kita tambahkan suspensi. Soalnya satu terlalu empuk karena berat jadi harus ditambahkan lagi," pungkasnya.



Simak Video "Canggih! Kakek di Bekasi Ciptakan Sepeda Listrik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com