Rabu, 09 Sep 2020 18:29 WIB

Masih Banyak Peminat, Produksi BMW i3 Ditambah

Rizki Pratama - detikOto
BMW I3, mobil listrik mungil yang bertenaga BMW i3 makin menarik di pasar. (Luthfy S)
Jakarta -

Saat ini satu-satunya mobil listrik yang masih diproduksi BMW hanya i3. Ternyata punya banyak peminat di berbagai belahan dunia, produksinya bakal ditambah.

Saat ini Amerika Serikat menjadi salah satu pasar terbesar untuk BMW 13, di mana total ada 50.000 unit terjual di sana setiap tahun. Angka tersebut mendekati sepertiga dari total penjualan BMW i3 di seluruh dunia pada awal 2020 ini, yang total mencapai 165.000 unit. Performa penjualan BMW i3 awalnya diprediksi masih akan terus meningkat seiring masih tingginya permintaan di seluruh dunia.

Tren positif BMW i3 itu sempat diadang pandemi virus Corona. Menurut BimmerToday, COVID-19 berdampak negatif pada jadwal produksi BMW i3 tahun ini. Diperkirakan hanya 12.500 unit yang dibangun dari Januari hingga Juli 2020. Sebagai pembanding, dalam kurun yang sama, tahun lalu BMW i3 dapat diproduksi hingga 39.000 unit dari lini produksi pabrik Leipzig.

Karena permintaan masih tinggi, BMW berencana akan meningkatkan produksi BMW i3. Setidaknya untuk tahun ini, BMW akan berupaya menutupi defisit produksi BMW i3 pada semester pertama.

BWM i3 saat ini sudah berusia 7 tahun. Sejak memulai debut pada bulan September 2013, mobil ini cuma butuh waktu singkat untuk menjadi EV terlaris kedua di dunia, setelah Nissan Leaf. Persaingan yang makin keras membuat BMW i3 turun ke poisi tiga dalam selang tahun 2014 dan 2016.

BMW kabarnya tidak punya niatan mengembangkan pengganti langsung untuk i3. Itu artinya, ketika berhenti dari produksi kemungkinan besar akan tetap menjadi model satu kali yang unik dalam sejarah perusahaan. Nama i3 akan menjadi sosok penting dalam awal mula perjalanan elektrifikasi BMW.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com