Senin, 07 Sep 2020 20:41 WIB

Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki Akur Garap Motor Listrik Bareng, Apa Jadinya?

M Luthfi Andika - detikOto
Logo Yamaha Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki melakukan kerjasama mengembangkan motor listrik (Dadan Kuswaraharja/detikOto)
Jakarta -

Wajib ditunggu hukumnya untuk projek yang satu ini. Bayangkan saja, Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki akur lahirkan motor listrik bersama. Sebagus apa?

Dikutip dari Visordown, empat pabrikan motor terbesar Jepang, Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki mengumumkan rencana untuk melakukan pengembangan motor listrik. Uniknya, mereka melakukan itu bersama-sama, alias berkolaborasi.

Meski selama ini dikenal bersaing sengit dalam memperebutkan pasar, keempatnya ternyata bisa juga berjalan beriringan memproduksi motor listrik. Bahkan sudah ada rencana pengujian yang akan dilakukan di Osaka.

Artinya, dalam waktu dekat, keempat pabrikan motor asal Jepang ini akan memiliki teknologi bersama yang memungkinkan mereka bisa bertukar baterai dengan mudah.

Saat ini pengujian telah dilakukan di e-Yan Osaka, dan tengah diuji langsung oleh mahasiswa di Osaka.

"Sebagai hasil dari studi kolaborasi keempat perusahaan sepeda motor domestik, kami juga berkolaborasi dengan e-Yan OSAKA untuk memverifikasi spesifikasi umum baterai yang dapat diganti," jelas Noriaki Abe dari Honda.

"Kami menyadari bahwa masih ada masalah yang harus diselesaikan dalam penyebaran sepeda motor listrik. Dan kami akan terus berupaya meningkatkan lingkup penggunaannya pada pelanggan kami, dia area-area di mana masing-masing perusahaan dapat bekerja sama," Abe menambahkan.

Teknologi baterai yang dapat ditukar kemungkinan besar akan tercipta untuk sepeda motor dan skuter berkapasitas rendah. Selain itu kolaborasi ini juga akan ditujukan untuk diterapkan pada layanan angkutan perkotaan.

Selain itu kolaborasi ini juga sangat mungkin mempercepat pengembangan teknologi listrik dan bisa menurunkan biaya produksi kendaraan. Bagaimana detikers, tertarik untuk memilikinya?



Simak Video "Duel Motor Kotor 150cc, Yamaha WR 155 Vs Honda CRF 150"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com