Meski Pabrik Terpapar COVID-19, Ekspor Motor Suzuki Tetap Moncer

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 31 Agu 2020 13:15 WIB
Suzuki Bandit
Ilustrasi motor Suzuki Bandit Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta -

Pabrik Suzuki yang berada di Tambun I Bekasi Jawa Barat mengumumkan telah mengurangi produksi hingga 50 persen akibat terdapat 71 karyawan dinyatakan terpapar COVID-19. Meski demikian Suzuki Indonesia pastikan hal tersebut tidak akan mengganggu ekspor motor Suzuki.

Seperti yang disampaikan Public Relation PT Suzuki Indomobil Motor, Rafi Al Ghany kepada detikOto. Ghany mengatakan Suzuki Indonesia akan tetap memenuhi permintaan ekspor yang akan dikirim ke-30 negara tetangga.

"Ekspor motor Suzuki masih aman, sejauh ini tidak ada kebijakan tertentu mengenai jumlah produksi atau ekspor-nya. Artinya semuanya masih berjalan seperti biasa (meski produksi pabrik Suzuki di Tambun I Bekasi menghentikan produksi mereka sebanyak 50 persen)," kata Ghany.

Ghany juga mengatakan Suzuki Indonesia masih akan terus memenuhi permintaan unit sepeda motor Suzuki luar negeri.

Pameran otomotif roda dua terbesar di Indonesia atau IMOS 2018 semakin lengkap dengan penampilan para pemanis. Salah satunya dari Suzuki Angels.Pameran otomotif roda dua terbesar di Indonesia atau IMOS 2018 semakin lengkap dengan penampilan para pemanis. Salah satunya dari Suzuki Angels. Foto: Agung Pambudhy

"Karena ekspor itu terwujud karena ada permintaan dari mancanegara dan ada tujuan negaranya. Sehingga kami akan terus berusaha memenuhi kebutuhan tersebut," Ghany menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama Ghany juga menjelaskan pasar ekspor Suzuki sudah mulai tumbuh kembali, seiring makin banyaknya permintaan sepeda motor dari negara lain.

"Pada Mei 2020 Suzuki mengirimkan sebanyak 1.635 unit sepeda motor, angka ini memang terbilang kecil akibat menurunnya permintaan kendaraan dan aturan yang diperketat karena pandemi virus Corona. Namun ekspor motor Suzuki meningkat pada Juni 2020 mencapai 7.284 unit, begitu juga pada bulan Juli menjadi 8.795 unit. Semua motor ini telah dikirim ke-30 negara," kata Ghany.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)