Helikopter Baru BNPB Dikirim dari Amerika Pakai Pesawat Rusia

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 16 Agu 2020 11:46 WIB
Helikopter Chinook yang akan dioperasikan BNPB untuk menanggulangi kebakaran hutan
Pesawat kargo Antonov buatan Rusia yang mengangkut helikopter Chinook BNPB dari AS. Foto: Instagram @alliancecargoexpress
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal mengoperasikan helikopter mesin ganda, Chinook CH-47D sebagai antisipasi kebakaran lahan dan hutan di Indonesia. Helikopter buatan Boeing ini didatangkan langsung dari Amerika Serikat menggunakan pesawat kargo buatan Rusia, Antonov An-124.

Seperti dilihat detikOto pada postingan Instagram perusahaan kargo internasional, Alliance Cargo Express, hari Minggu (16/8), tampak proses pengiriman helikopter Chinook tersebut dilakukan dari bandar udara internasional Billings Logan, Montana, Amerika Serikat.

Helikopter Chinook yang sudah dilengkapi label dan logo BNPB itu terlihat sudah 'dilucuti' kedua baling-balingnya, sehingga bisa masuk ke tubuh pesawat yang pernah menyandang status pesawat terbesar di dunia itu. Uniknya, helikopter Chinook itu masuk lewat 'hidung' Antonov yang bisa dibuka ke atas.

[Gambas:Instagram]

Sebagai informasi, Antonov An-124 dioperasikan oleh maskapai penerbangan Volga-Dnepr Airlines. Perusahaan jasa angkut barang yang berbasis di daerah
Ulyanovsk, Rusia, itu tercatat mengoperasikan sebanyak 12 unit Antonov An-124, 5 Boeing 747-8F, dan 5 IL-76TD-90VD. Semua pesawat kargo ini sudah mendapatkan sertifikasi global, sehingga bisa melayani jasa antar kirim barang lintas negara dan benua.

Sedikit menyinggung spesifikasi, Antonov An-124 bisa mengangkut beban hingga 150.000 kg. Pesawat dengan panjang hampir 70 meter ini bisa membawa 6 kru dan 88 penumpang di kabin atas. Pesawat ini ditenagai mesin 4 × Ivchenko-Progress D-18T turbofan, yang bisa membuatnya mencapai kecepatan maksimum 865 km/jam dan kecepatan jelajah 800-850 km/jam. Antonov bisa menjangka jarak tempuh hingga 5.400 km.

Diberitakan sebelumnya, Alliance Cargo Express menginformasikan sedang melakukan pengiriman helikopter Chinook dari AS menuju Indonesia. Helikopter tersebut dibawa menggunakan pesawat kargo buatan Rusia, Antonov.

Helikopter Chinook yang akan dioperasikan BNPB untuk menanggulangi kebakaran hutanHelikopter Chinook yang akan dioperasikan BNPB untuk menanggulangi kebakaran hutan Foto: Instagram @alliancecargoexpress

"Pesawat kargo ini akan mengangkut helikopter Chinook dan tim pemadam kebakaran dalam misi ke Indonesia," tulis penjelasan di unggahan foto tersebut.

Helikopter Chinook tersebut sudah dicat ulang sesuai dengan identitas BNPB. Badan helikopter yang semula berwarna hijau army, kini berwarna putih. Juga ada tulisan BNPB dan logo BNPB di bodi samping dan di moncong depan pesawat itu. Helikopter ini punya nomor registrasi N303AJ.

Berdasarkan penelusuran menggunakan nomor registrasi tersebut, diketahui helikopter Chinook itu kepunyaan perusahaan penyewaan helikopter Billings Flying Service, yang berbasis di Montana.

Helikopter Chinook itu memiliki kode CH-47D dan pernah digunakan sebagai salah satu armada Angkatan Darat militer AS. Pada 2014, Billings Flying Service menjadi organisasi sipil pertama yang melakukan sertifikasi pesawat ini dengan standar FAA (Federal Aviation Administration).

Helikopter Chinook yang akan dioperasikan BNPB untuk menanggulangi kebakaran hutanHelikopter Chinook yang akan dioperasikan BNPB untuk menanggulangi kebakaran hutan Foto: Instagram @alliancecargoexpress

Bicara spesifikasi, helikopter Chinook CH-47D dilengkapi dengan dua mesin T55-GA-714A yang masing-masing menghasilkan lebih dari 5.000 tenaga kuda.

Pesawat ini juga dilengkapi sistem avionik modern, mencakup sistem GPS mutakhir, radio penerbangan, dan radio FM digital untuk komunikasi udara ke darat.

Untuk menjalankan protokol penanggulangan bencana kebakaran hutan, helikopter yang punya dua baling-baling ini dilengkapi tangki air dengan kapasitas angkut hingga 2.600 galon. Helikopter ini juga dilengkapi 3 kait kargo untuk mengangkut beban eksternal. Billings Flying Service tercatat memiliki 6 unit helikopter Chinook CH-47D dan disewakan ke sejumlah negara.



Simak Video "Pesawat Rusia Mendarat Darurat di Lapangan Gegara 2 Mesin Mati Bersamaan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)