Sabtu, 08 Agu 2020 13:48 WIB

Masalah Mesin, FCA Akan Recall Sejuta Mobil Termasuk Jeep

Rizki Pratama - detikOto
Markas FCA di Detroit, Amerika. FCA recall mobil karena mesin. Foto: Fiat Chrysler Automobiles
Jakarta -

FCA sedang mempersiapkan penarikan kembali pada hampir satu juta kendaraan yang menggunakan mesin Tigershark 2,4 lite. Menurut lembar pengajuan penarikan ini, mobil yang akan ditarik dapat mencakup Chrysler 200, Dodge Dart, Fiat 500X, Jeep Cherokee, Jeep Compass, dan Jeep Renegade.

Masalah pada mesin itu dikatakan ternyata telah menghasilkan emisi lebih banyak dari yang telah ditentukan. Seorang juru bicara FCA mengatakan kepada Car and Driver bahwa mereka bekerja sama dengan Badan Perlindungan Lingkungan dan Dewan Sumber Daya Udara California dalam menginspeksi masalah ini.

"Seiring bertambahnya usia populasi ini, beberapa kendaraan melebihi persyaratan emisi yang digunakan, tergantung pada siklus berkendara dan jarak tempuh," Kata FCA kepada Car and Driver

Tak disebutkan rincian mengenai model tahun yang terlibat dalam masalah in. FCA mengatakan hal ini akan diperjelas setelah melakukan program pengujian lebih lanjut dan mendapat persetujuan dari EPA dan CARB.

"Kemungkinan akan mulai kampanye penarikan kembali. Pada tahap ini kami tidak dapat mengevaluasi estimasi biaya material yang akan dikeluarkan atau memperkirakan kisaran biaya," ujar juru bicara FCA.

Secara terpisah, gugatan class action yang baru-baru ini diajukan di Michigan dan California telah mengklaim bahwa mesin Tigershark dapat membakar oli lebih cepat dari biasanya dan tiba-tiba mati di mobil Chrysler, Dodge, Fiat, dan Jeep. Kendaraan yang terlibat dalam tuntutan hukum tersebut termasuk produksi tahun 2015-2016 Chrysler 200, 2013-2016 Dodge Dart, 2016-2020 Fiat 500X, 2014-2020 Jeep Cherokee, 2017-2020 Jeep Compass, dan 2015-2020 Jeep Renegade.

FCA mengatakan keluhan ini tidak terkait dengan masalah emisi yang sedang dipelajari. Pemilik Chrysler, Dodge, Fiat, dan Jeep dapat memeriksa situs web penarikan kembali National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau situs web pemilik Mopar untuk melihat apakah kendaraan mereka terlibat dalam penarikan kembali ini.



Simak Video "Peugeot dan Fiat Merger, Jadi Produsen Mobil Terbesar ke-4 Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com