Kamis, 06 Agu 2020 18:57 WIB

Tahukah Kamu? Mobil Tesla Bisa Mengambang di Air

Rizki Pratama - detikOto
Tesla Model X menerobos banjir Tesla menerobos banjir. Foto: Screnshoot twitter
Jakarta -

Mobil listrik Tesla selain mengandalkan teknologi mutakhir elektrifikasi juga menggunakan desain yang unik. Ternyata desain unik ini dapat berguna dalam keadaan seperti banjir, lho.

Seperti diketahui platform mobil listrik berbentuk seperti sebuah skateboard raksasa. Hanya permukaan luar bagian bawah platform ini rata, tidak ada lekuk atau celah seperti pada mobil konvensional.

Bentuk platform seperti ini nyatanya bisa jadi penyelamat saat kebanjiran. Tidak sedikit video yang menunjukkan mobil ini mengambang di atas air dan melaju ketika melewati banjir.

Bahkan bos Tesla, Elon Musk sempat mengatakan bahwa mobil buatannya memang dapat menjadi kapal dalam waktu terbatas. Mobil pun dapat melakukan manuver berkat putaran roda. Akan tetapi ia mengingatkan bahwa praktik ini tidak direkomendasikan jika karena memang pada hakikatnya mobil dibuat untuk di darat.

"Kami * jelas * tidak merekomendasikan ini, tetapi Model S mengapung cukup baik dan mengubahnya menjadi perahu untuk waktu yang singkat. Mobil dapat melaju melalui rotasi roda," cuit musk lewat akun Twitternya.

Lantai mobil yang rata dan tertutup itu menyimpan paket baterai dan unit penggerak mobil. Oleh sebab itu rancangan ini sangat kedap air sehingga ketika ada air di bawahnya dalam volume cukup besar mobil angkat terangkat.

Secara tidak langsung mobil Tesla bisa dikatakan juga tak dapat dengan mudah tenggelam seperti mobil biasanya. Berbeda dengan mobil konvensional yang memiliki banyak celah untuk dimasuki oleh air.

Di China menurut Teslarati, Tesla melakukan pengujian Model 3 dengan perlindungan ekstra saat banjir. Pengamatan dari pabrik Tesla di Shanghai memperlihatkan Tesla secara aktif menguji mobil di area banjir.

Gimana detikers? Kalau begini Tesla bisa jadi solusi untuk mobil anti banjir di Jakarta, bukan?








Simak Video "Mobil Tesla Elon Musk Sudah Mendekati Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com