Hypercar Berbahan Bakar Hidrogen Ini Warisi Teknologi NASA

Rizki Pratama - detikOto
Minggu, 19 Jul 2020 16:37 WIB
Hypercar bertenaga hidrogen ini  dibekali teknologi NASA
Hyperion XP-1, Hypercar hidrogen berteknologi NASA. Foto: carbuzz
Jakarta -

Pembatalan pameran otomotif New York Auto Show 2020 menunda salah satu model yang cukup ditunggu dunia otomotif. Model tersebut adalah hypercar XP-1 besutan perusahaan rintisan bernama Hyperion.

Mobil super yang dikembangkan di California, Amerika Serikat ini adalah hypercar bertenaga hidrogen. Mobil ini juga digadang menggunakan teknologi canggih yang dikembangkan oleh NASA.

"Memberikan standar baru teknologi otomotif. Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan Hyperion ke dunia sehingga kami dapat mensosialisasikan orang tentang manfaat sistem tenaga berbasis hidrogen," kata kepala eksekutif Hyperion dan anggota pendiri, Angelo Kafantaris.

Kafantaris melihat hidrogen adalah sumber daya alam yang paling melimpah di alam semesta ini. Selain itu potensi dari energi ini juga masih belum sepenuhnya diolah oleh umat manusia.

"Sebagai elemen yang paling melimpah di alam semesta, potensi sebenarnya tidak terbatas. Tujuan kami adalah untuk menceritakan hidrogen dengan kendaraan yang menginspirasi. Dengan debut XP-1, kami bertujuan untuk mulai menuju hari esok yang lebih bersih untuk generasi yang akan datang," tambahnya.

Rincian teknis masih dirahasiakan untuk saat ini, tetapi Hyperion dengan berani mengklaim XP-1 akan mampu mengungguli supercar modern seperti Bugatti Chiron. Begitu juga dari sisi elektrifikasinya, dengan tingkat kecemasan yang lebih rendah dan tidak ada waktu lama dalam pengisian ulang, Hyperion XP-1 bertenaga hidrogen akan berpotensi lebih andal dan nyaman untuk digunakan daripada hypercar listrik seperti Lotus Evija, Pininfarina Battista, dan Rimac C Two.

"Keunggulannya adalah rentang tempuh yang belum pernah ada sebelumnya, waktu pengisian bahan bakar, daya tahan, dan daur ulang, terutama jika dibandingkan dengan baterai kendaraan elektrik saat ini," lanjutnya.

Foto-foto teaser menampilkan siluet mencolok Hyperion XP-1 yang menonjolkan lengkungan roda besar dan garis atap bergaya coupe. Bagian depan menampilkan lampu LED tipis melengkung. Tanpa adanya New York Auto Show, Hyperion tetap akan menunjukkan pada dunia kehebatan teknologinya ini di bulan Agustus nanti.



Simak Video "Sayonara Honda Jazz, Balapan Tahun Depan Diganti City Hatchback"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)