Selasa, 14 Jul 2020 09:56 WIB

4 Ranpur Pindad Selain Maung yang Bisa Dibeli Menhan Prabowo

Ridwan Arifin - detikOto
Panser Kanon 90 mm, Badak, buatan PT Pindad (Persero) Panser Badak buatan PT Pindad (Persero) Foto: Dok. Pindad
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak hanya menjajal kendaraan taktis (rantis) bernama Maung. Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose mengatakan Prabowo berkomitmen untuk 500 unit Maung.

Tapi selain Maung, saat detikOto berkunjung ke markas di Bandung, PT Pindad aktif memproduksi empat jenis kendaraan khusus yang tersedia dalam berbagai varian. Ranpur-ranpur ini juga bisa menjadi pilihan bagi Menhan Prabowo untuk menggunakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan dalam negeri.

"Di kendaraan kita mulai dari Komodo 4x4 ada varian yang cukup banyak, kemudian Anoa 6x6 juga punya varian banyak mulai dari APC carrier, rumah sakit, logistik, mortar dan lain-lain. Kemudian kita punya Badak dengan canon 90mm. Kemudian medium tank terbaru produksi kita, Harimau. kita punya 8x8 infantry fighting vehicle, macam-macam," jelas Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose beberapa waktu yang lalu.

Berikut ini kendaraan tempur yang bisa dibeli Menhan Prabowo di PT Pindad buatan Indonesia tersebut, pun namanya identik dengan nusantara.

1. Komodo

Pindad memiliki sejumlah kendaraan taktis dengan bentuknya menyerupai Maung, yakni Komodo, kendaraan tempur penggerak 4x4 yang tersedia dalam empat pilihan, yakni Komodo 4x4 Missile Launcher, Komodo 4x4 Battering Ram, Komodo 4x4 Armored Vehicle Carrier Police, dan Komodo 4x4 Recon.

Komodo tidak asing lagi bagi pertahanan dan keamanan Indonesia. Beberapa model sudah pernah diboyong TNI dan Polri.

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengunjungi PT Pindad. Suharso menyaksikan parade kendaraan taktis dan tempur produksi perusahaan pelat merah tersebut.Komodo Foto: Mukhlis Dinillah

Misalnya, Komodo Missile Launcher mampu meluncurkan rudal Mistral yang terpasang pada bagian belakang kendaraan. Atau Komodo Armored Vehicle Carrier (APC), Sering kali digunakan oleh Polisi Brimob, mobil ini memiliki keunggulan dalam kapasitas kabinnya yang mampu mengangkut 12 orang personel bersenjata.

2. Anoa

Anoa juga cukup akrab dengan para tentara dan polisi Indonesia. Kendaraan tempur berpenggerak 4x6 besutan Pindad ini tersedia dalam 7 varian; Anoa 6x6 Mortar, Anoa 6x6 Command, Anoa 6x6 Amphibious, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 APC, Anoa 6x6 Logistics, dan Anoa 6x6 Ambulance. Setiap varian Anoa mengusung mesin diesel 6 silinder segaris bertenaga 320hp berstandar Euro 3 dengan kapasitas tangki sebesar 200 liter.

Peringatan HUT TNI kali ini terasa spesial dikarenakan hadirnya beberapa alutsista baru yang kini telah dimiliki oleh TNI. Parade persenjataan berat digelar di Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (07/10/2014). Tak ketinggalan Panser Anoa buatan Pindad turut dipamerkan.Peringatan HUT TNI kali ini terasa spesial dikarenakan hadirnya beberapa alutsista baru yang kini telah dimiliki oleh TNI. Parade persenjataan berat digelar di Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (07/10/2014). Tak ketinggalan Panser Anoa buatan Pindad turut dipamerkan. Foto: Dikhy Sasra

Kendaraan Taktis 4x4 "KOMODO" dan Panser 6x6 "ANOA" yang telah diproduksi lebih dari 300 unit dengan berbagai varian, pernah bergabung dalam misi perdamaian dunia PBB di berbagai Negara seperti Lebanon, Afrika Tengah, dan Sudan.

3. Badak

Kendaraan tempur lain, besutan Pindad ialah Panser 6x6 Kanon 90 mm "BADAK". Ranpur ini adalah varian baru dari keluarga Ranpur 6x6 PT Pindad (Persero) yang dibuat berdasarkan kebutuhan TNI khususnya satuan kavaleri.

Panser Kanon 90 mm, 'Badak', buatan PT Pindad (Persero)Panser Kanon 90 mm, 'Badak', buatan PT Pindad (Persero) Foto: Dok. Pindad

Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 90 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimal dan dioperasikan oleh 3 orang personel.

Mesin diesel 340 HP yang dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler mampu membawa kendaraan ini pada top speed 80 km/h dengan daya jelajah sejauh 600 kilometer.

4. Harimau

PT Pindad juga sudah memproduksi medium tank, Harimau. Ranpur ini merupakan produk terbaru dari PT Pindad (Persero) yang didukung oleh Kementerian Pertahanan RI sesuai kebutuhan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Rombongan Delegasi Filipina berkunjung ke PT Pindad (Persero) untuk membeli alutsista. Mereka pun takjub melihat kemampuan Tank Harimau made in Bandung.Tank Harimau made in Bandung. Foto: Wisma Putra

Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum. Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

Tank ini mampu mengangkut 3 personel dan melaju dengan kecepatan 70kpj di kondisi jalan yang mulus. Dikarenakan banyak alat tempur yang tertanam, tank ini memiliki bobot mencapai 30-35 ton.



Simak Video "Blak-blakan Prabowo Belanja Senjata hingga Alkes di Pindad"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com