Mantap, Menhan Prabowo Pesan 500 Unit Rantis Maung Buatan Pindad

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 13 Jul 2020 19:41 WIB
Rantis Maung
Rantis Maung. Foto: Twitter PT Pindad (Persero)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memesan 500 unit kendaraan taktis (rantis) ringan, Maung. Mobil perang buatan PT Pindad (Persero) ini rencananya diproduksi tahun ini dan distribusikan ke Kementerian Pertahanan pada tahun 2021.

"Kita akan produksi (rantis Maung-Red) tahun ini karena beliau (Menhan Prabowo-Red) sudah order. Beliau kemarin komit untuk 500 unit," kata Direktur Utama Pindad, Abraham Mose, dihubungi detikOto, Senin (13/7/2020).

"(Untuk distribusinya-Red) paling enggak pertengahan tahun depan maksimal atau paling cepat awal tahun depan udah bisa delivery (ke Kemenhan-Red)," ujarnya lagi.

Meski baru bisa dikirim tahun depan, Abraham menjelaskan jika Prabowo ingin unit rantis Maung sudah ada yang bisa dikirim pada Oktober nanti untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun TNI. "Beliau minta gimana supaya rantis Maung supaya bisa tampil di defile 5 Oktober nanti," jelas Abraham.

Lanjut Abraham menambahkan, nantinya Maung akan digunakan untuk kendaraan operasional para Danyon (komandan batalyon) dan Danki (komandan kompi). Secara spesifikasi, rantis Maung ditujukan untuk pertempuran jarak dekat.

Rantis Maung dibekali mesin turbo diesel 4 silinder, 2.400 cc, 6 speed, dengan sistem penggerak four wheel drive (FWD). Mobil perang ini juga dilengkapi spek militer, dengan bracket senjata kaliber 7,62 dan konsol senapan serbu SS2-V4.

Ada juga towing 4 buah, termasuk winch (alat penderek) dengan kemampuan menarik beban hingga 4,5 ton. Pun dilengkapi jeriken BBM kapasitas 2 x 20 liter, dengan lampu blackout, dan sistem GPS.

Sebelumnya Menhan Prabowo membagikan pengalamannya saat mencoba rantis Maung. Dalam cuitan di akun twitter dan instagram resminya pada Minggu, (13/7/2020), Prabowo menjajal rantis itu di Sentul International Circuit.

"Pada sore hari ini saya dan tim dari PT. PINDAD mencoba kendaraan Rantis 4X4 yang kami beri nama Maung," cuit Prabowo.



Simak Video "Prabowo di HUT FK UGM: Lahan Jadi Real Estate, Apa Kita Makan Beton?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)