7 Motor Honda yang Berpengaruh Besar pada Dunia Roda Dua

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 13 Jul 2020 14:28 WIB
Test Ride Motor Honda di Indonesia CBR Race Day 2019
Motor Honda. (Angga Laraspati)
Jakarta -

Honda merupakan salah satu merek terbesar dunia yang ketenarannya tak perlu ditanyakan lagi. Merek motor asal Jepang ini mengisi semua segmen pasar roda dua dengan berbagai pilihan produknya.

Nama besar dan kesuksesan Honda jelas tak dapat dipungkiri merupakan buah hasil dari motor-motor tersebut. Setidaknya ada 7 model yang pernah dibuat Honda dan memberikan dampak besar pada keberhasilannya.

1. Super Cub

Honda Super Cub.Honda Super Cub. Foto: Andi Sururi

Masuk ke pasar pada tahun 1958 dengan mesin 49cc OHV berpendingin udara, motor ini berhasil menjadi moda transportasi sehari-hari di seluruh dunia. Motor ini hadir dengan deflektor di depan untuk melindungi kaki pengendara dari percikan dan air serta bodywork yang menyembunyikan sebagian besar engine dan tangki bahan bakar di bawah kursi. Bahkan rantai ditutup untuk mengurangi perawatan dan mencegah percikan pelumas mengenai pengendara.

Perpindahan gigi tanpa kopling tiga kecepatan menghilangkan kombinasi dari tuas pedal untuk memudahkan pengendara. Super Cub di dianggap oleh banyak pengamat memiliki pengaruh besar pada transportasi di abad ke-20.

Hasilnya motor ini dapat digunakan siapapun dan jadi motor terbanyak yang pernah diproduksi. Sampai saat ini model ini sudah menembus 100 juta unit penjualan dan itu masih terus berlanjut dengan hadirnya Super Cub dengan mesin 125 cc.

2. CB 750

Honda CB 750Honda CB 750 Foto: Visordown

Tujuh tahun setelah terjun ke balap motor Grand Prix, Honda tiba-tiba berhenti dari olahraga itu di akhir 1966. Setelah mengklaim kemenangan di 5 kategori musim itu (50, 125, 250, 350 dan 500cc), Honda tidak punya banyak hal baru lagi untuk dibuktikan, tetapi mereka yakin bahwa pengalaman dan pengetahuan teknis mereka dari balap dapat ditransfer ke jalanan.

Soichiro Honda tahu bahwa mesin yang lebih besar menjadi populer di Eropa, khususnya model 650cc dari Norton dan Triumph, dan pesan yang datang dari pasar AS adalah semakin besar semakin baik. Oleh sebab itu, departemen R&D-nya mulai mengembangkan mesin 750 cc SOHC berpendingin udara inline-empat yang menghasilkan hampir 70bhp.

Keunggulan motor ini dulunya adalah penggunaan rem cakram dan starter elektrik. Mesin empat silinder dengan sistem empat-knalpotnya ini pun dibalut dalam motor CB 750 yang menjadi superbike pertama di dunia.

Popularitas Super Cub telah menyebabkan Honda menjadi produsen sepeda motor terkemuka di dunia tetapi, ketika CB750 diperkenalkan pada tahun 1969, perusahaan tersebut menggabungkan volume produksi dengan tingkat berperforma. Pasar terpana dan CB750 menjadi best-seller instan dengan menawarkan starter elektrik, perawatan mudah, getaran rendah, ergonomi yang nyaman dan pengendaraan yang halus.

Segala kehebatan itu pun dilengkapi dengan harga jual yang dua kali lipat lebih murah dibanding motor sejenis di pasaran. Rata 1.500 motor terjual setiap bulan di tahun pertama dan berlipat ganda di tahun berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2