Selasa, 02 Jun 2020 14:02 WIB

5 Motor yang Menggunakan Mesin 6 Silinder

Rizki Pratama - detikOto
Gadis Honda di GIIAS 2018 sanggup bikin para cowok gagal fokus. Para gadis ini berpose diantara moge baru berbasis Gold Wing model 2018. Goldwing salah satu pengguna mesin enam silinder saat ini. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kebanyakan motor yang dijual di pasaran menggunakan satu atau dua silinder. Untuk mesin dua silinder pun ada perbedaan konfigurasi mulai dari versi paralel, boxer, dan V yang masing-masing memberikan kinerja dan pengalaman berkendara unik.

Di atas itu ada lagi mesin empat silinder dengan konfigurasi segaris, dan V4. Lebih dari itu, dalam keterbatasan ruang di rangka motor ada mesin dengan enam silinder. Mesin besar ini tidak banyak digunakan oleh motor di dunia selama ini. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Honda Gold Wing

Honda Gold Wing di IIMS 2019.Honda Gold Wing di IIMS 2019. Foto: Pradita Utama

Motor yang cukup familiar saat ini di dunia otomotif dengan mesin enam silinder tak lain dan tak bukan adalah Honda Gold wing. Honda Gold wing pertama mengusung mesin boxer empat silinder. Lalu pada tahun 1987 dua silinder lagi ditambahkan dengan kubikasi 1.500 cc hingga akhirnya kini memiliki kubikasi 1.800 cc.

Honda Gold wing menggunakan konfigurasi boxer lantaran cocok dengan tipe motor penjelajah ini. Semua bobot mesin berada di posisi rendah dalam rangkanya.

2. BMW K 1600

BMW K 1600 GTBMW K 1600 GT Foto: BMW Group

BMW mulai menggunakan mesin enam silinder pada tahun 1980-1990. Seiring berjalannya waktu mesin itu ditinggalkan karena kurang efisien, namun di motor tetap dipertahankan.

Berbeda dengan Gold wing, BMW K 1600 menggunakan konfigurasi segaris yang miring 55 derajat. Dengan lebar hanya 22 inci, BMW mengklaim ini adalah mesin enam silinder teramping yang pernah ada.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com