Minggu, 12 Jul 2020 09:15 WIB

Merasakan Buasnya Xpander AP4 yang Dipiloti Rifat Sungkar

Rizki Pratama - detikOto
Detikcom mendapatkan kesempatan eksklusif untuk ikut dalam sesi latihan pertama Xpander Rally Team menggunakan Xpander Ap4 Ngebut bareng Rifat Sungkar naik Xpander AP4. Foto: Xpander Rally Team
Jakarta -

Untuk pertama kalinya Xpander AP4 dari tim Xpander Rally Team turun ke sirkuit untuk latihan. Mobil Low MPV pertama yang jadi kontestan balap ini pun menunjukkan siapa dirinya.

Tim detikcom pun mendapatkan kesempatan eksklusif untuk berada di samping sang jawara rally Indonesia, Rifat Sungkar yang berada di balik kemudi. Latihan pertama ini dilakukan Sirkuit Tembong Jaya Serang, Banten pada Sabtu (11/7/2020).

Sebelum masuk pada impresi, mari lihat kembali apa kehebatan mobil ini di atas kertas. Seperti sudah disampaikan saat pertama tampil di publik, Xpander AP4 hanya mengalami 20 perse perubahan dari aslinya Mitsubishi Xpander.

Detikcom mendapatkan kesempatan eksklusif untuk ikut dalam sesi latihan pertama Xpander Rally Team menggunakan Xpander Ap4Detikcom mendapatkan kesempatan eksklusif untuk ikut dalam sesi latihan pertama Xpander Rally Team menggunakan Xpander Ap4 Foto: Xpander Rally Team

Perubahan pertama ada pada mesin yang tadinya berkapasitas 1.500 cc jadi mesin 1.600 cc. Mesin yang digunakan adalah blok Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved. Biasanya digunakan di model seperti Outlander, Evo 10, dan Delica. Setelah disesuaikan, mesin ini dapat menyemburkan tenaga hingga 350 daya kuda dan torsi maksimalnya tembus 410 ft/lbs (555 Nm).

Di atas sirkuit, catatan itu memang terbayarkan. Saat lepas dari garis start ketika pedal dibenamkan tarikan sangat terasa yang tentunya tak dapat dirasakan di Xpander Standar.

Beruntungnya performa buas itu dapat dijinakkan dengan pilihan kaki-kaki barunya. Xpander AP4 menggunakan suspensi advance serta travel suspensi dua kali lipat lebih panjang. Mobil ini juga mengusung aerodinamika untuk mendukung laju mobil saat membelah angin.

Mengenai kakinya tak perlu ditanya lagi bagaimana mengangkangi jalanan tanah yang bergelombang dan berliku itu. Kendati saat lurus dan berbelok mobil dikebut, di atasnya hampir tak terasa hentakan berarti.

Terlepas dari bagaimana mobil bereaksi pada lintasan dan menjadi mobil balap yang nyaman tentu tak dapat dilupakan kepiawan Rifat. Pria yang besar dari balap Rally ini membuat halang rintang dan berbagai manuver berbahaya di lintasan tak berarti, bagai membalikkan telapak tangan.

Rifat Sungkar akhirnya menjajal Xpander AP4 untuk pertama kalinya di lintasan offroad.Rifat Sungkar akhirnya menjajal Xpander AP4 untuk pertama kalinya di lintasan offroad. Foto: Rizki Pratama

Body bongsor Xpander AP4 ini sanggup menikung di dalam kecepatan tinggi layaknya sedan atau hatchback yang dijadikan mobil rally. Idenya gila, sebuah Low MPV ini bisa disulap jadi mobil reli kelas dunia. Tim detikcom yang merasakan langsung hampir tak sadar jika mobil yang ditumpangi adalah basis low MPV.



Simak Video "Tips dan Trik Cekal Corona di Dalam Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com