Jumat, 08 Nov 2019 20:12 WIB

Xpander Balap Rifat Sungkar Beres Diuji Coba

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil konsep Xpander AP4 saat dipamerkan di GIIAS beberapa waktu lalu Foto: Pradita Utama Mobil konsep Xpander AP4 saat dipamerkan di GIIAS beberapa waktu lalu Foto: Pradita Utama
Jakarta - Mitsubishi Xpander tidak hanya bisa jadi mobil keluarga saja. Mobil itu juga bisa diajak balapan reli. Pereli Xpander Rally Team, Rifat Sungkar telah selesai mengujicoba Xpander balap yang disebut Xpander AP4 di Maramarua Forest, New Zealand pada pekan ini.

Dari sejak kembali ke tanah air, Rifat Sungkar menceritakan pengalamannya mengendarai Mitsubishi Xpander AP4 untuk pertama kalinya. Xpander tercatat merupakan MPV pertama di dunia yang dijadikan mobil reli dengan spesifikasi AP4.

"Saya rasa banyak yang tak menyangka hal ini akan terjadi namun ini juga saya perhatikan pendapat banyak orang ketika perubahan tren terjadi pada mobil WRC berbentuk sedan menjadi hatch back di mana banyak orang yang juga meragukan hal itu. Namun ternyata hal itu kemudian menjadi tren di dunia," jelas Rifat dalam pernyataan yang diterima detikcom.



Pergeseran dari penjualan jenis kendaraan yang meningkatkan penjualan kendaraan MPV keluarga inilah yang menjadi motivasi Rifat untuk membuat mobil ini.


Xpander Balap Rifat Sungkar Beres Diuji CobaFoto: dok tim Rifat Sungkar


"Saya berharap kehadiran Xpander AP4 akan menjadi kiblat atau trendsetter perubahan bentuk kendaraan mobil sport yang selalu identik dengan sedan ataupun kendaraan dua pintu, menjadi kendaraan berbasis keluarga. Ramuan AP4 sendiri adalah solusi terbaik untuk reli di kawasan Asia Pasifik karena memperbolehkan modifikasi untuk semua jenis kendaraan dengan basis AP4 kit," ujarnya.

Seteleh sukses melalui uji coba, Xpander AP4 akan kembali ke tanah air untuk mengikuti kompetisi yang ada di Indonesia.

Simak Video "Pentingnya Keselamatan Berkendara Bagi Rifat Sungkar dan Nirina Zubir"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com